ABSTRAK
Nama : Puri Indah Lestari
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor
Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial
Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) dan merupakan usaha yang dapat
membantu meningkatkan perekonomian negara, terutama negara berkembang seperti
Indonesia. Di Indonesia, jumlah usaha mikro sendiri mencapai 98,7% dari total usaha
yang ada. meskipun jumlah usaha mikro sangat banyak, peningkatan usaha mikro paling
kecil diantara jenis usaha lainnya yaitu hanya sekitar 17,1% pada tahun 2020. Penelitian
ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor mediasi yang dapat meningkatkan kinerja
usaha mikro pada sektor makanan dan minuman melalui penggunaan media sosial dan
menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja usaha mikro. Analisis tematik dilakukan
untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi Micro Enterprises performance.
Setelah faktor teridentifikasi dilakukan analisis konfirmatori dengan menggunakan PLSSEM dari data 266 responden pengusaha mikro di Jabodetabek. Hasil penelitian ini
menemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara langsung dan sebagai
mediator antara social media usage dan Micro Enterprises performance. Sedangkan
innovation, brand awareness, dan digital presence tidak berpengaruh secara langsung
terhadap kinerja usaha mikro dan tidak berperan sebagai mediator diantara social media
usage dan Micro Enterprises performance. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian
ini menyusun rekomendasi penggunaan media sosial untuk usaha mikro dengan
menggunakan Aware/attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA).
Kata kunci: Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis
|
|