ABSTRAK
Nama : Anom Sejogati
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Analisis Minimum Viable Product (MVP) untuk Digital Startup
Platform Pembelajaran Berbasis Jejaring Sosial Menggunakan
Metode Customer Development
Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc.
: Kodrat Mahatma, S.T., M.Kom.
Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup mencapai 2.339, akan tetapi jumlah
tersebut tidak diimbangi dengan keberlangsungan dari startup tersebut. Umumnya startup
hanya mampu bertahan kurang dari dua tahun. Salah satu penyebabnya adalah 35%
produk atau solusi yang ditawarkan belum sesuai kebutuhan pasar. Hal ini karena belum
optimalnya validasi pasar terkait produk yang akan dikembangkan. Salah satu cara untuk
memvalidasi pasar adalah dengan membuat minimum viable product (MVP) yang
diujicobakan kepada target segmen pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis MVP dengan value proposition yang menjawab kebutuhan pelanggan
sehingga dapat dicapai produt-market fit. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk
mengetahui permasalahan dan harapan pelanggan serta menguji ide produk.
Permasalahan dan harapan ini digunakan untuk menganalisis value proposition yang tepat
untuk pelanggan menggunakan value proposition canvas (VPC). Value proposition ini
menjadi masukan untuk hipotesis model bisnis awal menggunakan Lean Canvas dan
menjadi landasan fitur MVP. Metode customer development dipilih agar fitur MVP yang
dikembangkan selaras dengan model bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
Responden dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang guru, 8 orang tua, dan 4 siswa.
Penelitian ini menghasilkan rekomendasi model bisnis dalam bentuk Lean Canvas dan
MVP dalam bentuk aplikasi prototipe sebagai dasar untuk membangun sebuah produk
startup yaitu platform pembelajaran berbasis jejaring sosial. Berdasarkan umpan balik
penggunaan aplikasi prototipe didapatkan conversion rate sebesar 91.7%. Hal ini
menunjukkan MVP tersebut layak untuk dikembangkan ke tahap customer creation dan
company building.
|