ABSTRAK
Nama : Deni Supriadi
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi kebergunaan aplikasi swalayan pelanggan: Studi kasus aplikasi
MyTelkomsel
Pembimbing : Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D
Dalam rangka menjalankan strategi perusahaan yaitu “menjangkau pelanggan dengan
cara yang lebih modern dan lebih digital”, Telkomsel meluncurkan aplikasi MyTelkomsel
sebagai channel digital untuk menjalin interaksi dengan pelanggan. Terdapat
permasalahan UI/UX terkait 1) Discovery marketplace – keleluasan bertransaksi 2)
Purchase journey – kenyamanan bertransaksi 3) Engagement – menarik pengguna agar
kembali menggunakan aplikasi 4) Onboarding – registrasi dan login. Terjadi penurunan
user aktif sejak release MyTelkomsel versi 5.3.0 dan trend pendapatan MyTelkomsel
menurun. Agar permasalahan kebergunaan MyTelkomsel tersolusikan dan strategi
perusahaan dapat tercapai maka diperlukan evaluasi kebergunaan aplikasi MyTelkomsel
dan rekomendasi untuk perbaikannya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kebergunaan MyTelkomsel dengan metode
usability testing, System Usability Scale (SUS) dan interview. Hasil penelitian
menunjukan bahwa skor rata-rata SUS myTelkomsel adalah 50 dengan grade F, berada
di bawah rata-rata skor SUS yaitu 68, yang berarti masih banyak kekurangan dari sisi
kebergunaan. Frekuensi kemunculan permasalahan pada pengguna postpaid adalah 43%
dan pada pengguna prepaid adalah 34%, berada pada tingkat frekuensi kedua (11-50%).
Analisa kuantitatif pada Usability Testing didapat bahwa 52% permasalahan konten dan
35% permasalahan navigasi. Analisa kualitatif pada data dari interview didapat bahwa
permasalahan konten 48% dan permasalahan navigasi 29%. Penelitian ini memberikan
rekomendasi berupa 25 user story yang dapat dijadikan rujukan oleh tim Product Owner
MyTelkomsel untuk menyusun Requirement untuk perbaikan MyTelkomsel. Namun
demikian, user stories ini tidak dapat mensolusikan permasalahan terkait dengan navigasi
dan antarmuka, hal ini menjadi saran untuk penelitian selanjutnya.
|