ABSTRAK
Nama : Jihan Prama Nurahman
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Analisis Sentimen untuk Mengukur Nilai Reputasi Merek
Dagang Aplikasi Grosir Daring
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom
Pandemi covid-19 di Indonesia yang terjadi pada tahun 2020 telah mengubah berbagai
aspek di setiap lini masyarakat Indonesia, termasuk cara masyarakat berbelanja. Regulasi
terkait pembatasan akses dan jarak memaksa masyarakat Indonesia bertransformasi
menggunakan aplikasi daring untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu aplikasi
daring yang penggunaannya meningkat adalah penggunaan aplikasi grosir daring seperti
HappyFresh, Sayurbox, dan TaniHub. Peningkatan transaksi tidak serta merta
menggambarkan bahwa layanan yang diberikan oleh ketiga aplikasi itu baik, keluhan
pelanggan masih ditemukan pada media sosial seperti Twitter dan ulasan pengguna
aplikasi di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung Net Brand
Reputation (NBR) dari ketiga aplikasi dengan melakukan analisis sentimen analisis. Data
yang digunakan berasal dari Twitter dan ulasan pengguna di Google Playstore dalam
rentang waktu Januari 2020 hingga Maret 2021. Model klasifikasi analisis sentimen
dibuat dengan menggunakan tiga algoritma klasifikasi Naïve Bayes, Support Vector
Machine (SVM), dan Decision Tree. Hasil dari penelitian didapatkan aplikasi
Happyfresh, Sayurbox, dan TaniHub memiliki sentimen positif di masyarakat. Aplikasi
grosir daring yang memiliki nilai NBR terbesar adalah Tanihub, kedua adalah
Happyfresh, dan yang terakhir adalah Sayurbox.
|