ABSTRAK

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk melakukan kerja praktik sebelum lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Tujuan dari ngikuti kerja praktik ini adalah agar setiap mahasiswanya lebih siap di dunia kerja. Laporan ini membahas pengalaman penulis dalam mengembangkan aplikasi School from Home selama kerja praktik sebagai UI/UX Designer di Karpalabs. Visi dari aplikasi adalah untuk mempermudah pengajar dan pelajar dalam proses belajar mengajar secara daring, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini. Aplikasi ini juga memiliki visi untuk mempermudah sekolah dalam mengatur setiap kelas daring yang ada di sekolah tersebut. Kerja praktik dilakukan secara daring atau work from home yang dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Selama 10 minggu, penulis bertanggung jawab atas pengumpulan, pembuatan flow, perancangan desain low fidelity, dan high fidelity dari fitur-fitur yang akan dibutuhkan. Penulis juga banyak bekerja sama dengan System Analyst dalam melengkapi semua fitur. Semua proses yang dilalui dari awal mencari kerja praktik hingga selesai kerja praktik telah memberi penulis suatu gambaran besar bagaimana dunia kerja sebenarnya.