ABSTRAK
Laju pertumbuhan esports sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Namun masih
terdapat banyak tantangan pada ekosistem esports, salah satunya regenerasi pemain.
Masalah regenerasi tersebut terjadi karena kurangnya ruang kompetitif pada kelas amatir
ataupun pelajar. Padahal pemain-pemain amatir sangat dibutuhkan guna menemukan
bakat-bakat baru mengingat regenerasi di dunia esports berjalan dengan sangat cepat
karena usia emas atlet esports hanya berkisar dari 18 hingga 22 tahun. Peran komunitas
sebagai support system diperlukan untuk mendukung ekosistem esports agar tumbuh
lebih baik dan mengurangi kesenjangan dunia amatir dan profesional serta pemerataan
esports ke daerah-daerah guna membantu proses regenerasi dan kemajuan industri esports
di Indonesia. Penelitian ini bertujuan merancang Knowledge Sharing Systems (KSS)
berbasis gamifikasi untuk komunitas esports. Banyak penelitian yang membahas tentang
KSS. Namun penelitian yang secara spesifik membahas tentang KSS pada komunitas
esports masih belum banyak ditemukan. Selain itu, penelitian KSS terdahulu kebanyakan
berfokus pada fitur KS yang bersifat asynchronous dan pengetahuan eksplisit. Penelitian
ini menggunakan metode User-Centered Design untuk merancang KSS untuk
mendapatkan desain interaksi KSS yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu,
pendakatan gamifikasi diterapkan guna meningkatkan motivasi pengguna dalam berbagi
pengetahuan. Pendefinisian kebutuhan desain dilakukan dengan melakukan wawancara
ekploratif menggunakan pendekatan Player-Centered Design yang akan menghasilkan
elemen gamifikasi berdasarkan persona, misi, dan motivasi pengguna. Selanjutnya
elemen gamifikasi diterjemahkan ke dalam bentuk fitur dan di evaluasi menggunakan
metode feature inspections. Sebanyak 15 elemen gamifikasi berhasil diidentifikasi dan
diturunkan menjadi fitur-fitur untuk kebutuhan berbagi pengetahuan baik pengetahuan
tacit maupun eksplisit. Fitur yang memfasilitasi berbagi pengetahuan tacit adalah ruang
pertemuan, siaran langsung, dan panggilan pribadi. Sementara itu fitur yang memfasilitasi
perubahan pengetahuan tacit ke eksplisit adalah dokumentasi diskusi sinkronus yang
dapat berupa audio dan video. Dan fitur yang memfasilitasi berbagi pengetahuan eksplisit
adalah percakapan, pesan pribadi, komentar, dan edit postingan. Hasil evaluasi
menunjukan bahwa penerapan elemen gamifikasi terbukti dapat membantu dan
mendorong partisipan dalam menggunakan KSS dan berbagi pengetahuan. Adapun fitur
yang mengandung elemen gamifikasi yang dimaksud adalah Onboarding (pop-up
petunjuk), Signposting (pop-up petunjuk), Points (sistem poin), Voting / Voice (Polling),
dan Badge (lencana pengguna terverifikasi, lencana reputasi, lencana keaktifan, dan
bintang ulasan)
|