ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang ada di perguruan tinggi di Indonesia memiliki peran
dalam berkomunikasi dengan para penggunanya, salah satunya pemanfaatan situs
virtual tour yang dipandang sebagai instrumen penting sebagai sarana promosi untuk
menarik siswa melanjutkan perguruan tinggi. Virtual campus tour akan memberikan
pengalaman berkesan bagi siswa. Pengalaman yang diberikan tentunya dapat dijadikan
sebagai guidelines untuk meningkatkan keinginan siswa supaya dapat menggunakan
kembali secara berkelanjutan. Dari semua visualisasi setiap virtual tour yang
ditampilkan masih belum ada yang menyediakan fitur khusus yang mampu membaca
informasi yang dibutuhkan oleh pengguna secara otomatis. Virtual campus tour yang
ada saat ini belum memiliki tour guide yang mampu membantu para siswa melakukan
pendaftaran atau mendorong mereka untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan
tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan experience – confirmation theory.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada SDLC Waterfall
process. Rancangan prototipe dengan analisis SUS menunjukkan hasil bahwa sistem
yang dikembangkan dapat diterima dengan baik. Faktor cognitive experience dan
intellectual experience memiliki dampak signifikan terhadap intention to enroll,
sehingga direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat lebih meng-explore
informasi berkaitan aspek experience yang berhubungan dengan lingkungan sekitar,
misalkan lokasi tempat tinggal yang dekat dengan universitas
|