ABSTRAK
Nama : Lubna Fairuz Zafira, Muhammad Farras Nur Aslam,
Muhammad Fiqri Adrian
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR PUSH, PULL, DAN MOORING
YANG MEMENGARUHI NIAT BERALIH PENGGUNA
DARI AKUN GRATIS KE AKUN PREMIUM PADA
APLIKASI SUBSCRIPTION VIDEO-ON-DEMAND DI
INDONESIA
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dan
Fathia Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc.
Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap peningkatan penggunaan pada
beberapa layanan digital, salah satunya adalah aplikasi SVoD. Salah satu pricing model yang
mulai banyak digunakan oleh industri SVoD adalah freemium model, di mana pengguna dapat
menonton dengan dua pilihan akun, yaitu melalui akun gratis atau akun premium. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor push, pull, dan mooring yang memengaruhi
switching intention dari free-to-fee user pada aplikasi Subscription Video on Demand di
Indonesia. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Push-Pull-Mooring (PPM)
sebagai teori yang banyak digunakan pada penelitian terkait switching intention. Penelitian
ini memiliki 475 responden valid yang pernah berlangganan akun premium setidaknya sekali
pada aplikasi SVoD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode
Covarianced-based Structural Equation Model dan menggunakan bantuan program AMOS
26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intrusiveness of advertising dan limited content
tidak berpengaruh terhadap switching intention. Sementara itu, premium attractiveness of
utilitarian benefits, premium attractiveness of hedonic benefits, price value, switching cost,
peer influence, dan habit berpengaruh terhadap switching intention. Pada faktor moderasi,
hanya hubungan premium attractiveness of utilitarian benefits dan price value dengan
switching intention yang dimoderasi oleh variabel habit. Berdasarkan hal tersebut, penelitian
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan penyedia layanan SVoD untuk
mengevaluasi layanan mereka sehingga semakin banyak pengguna yang beralih dari akun
gratis ke akun premium.
Kata kunci:
Subscription Video on Demand, Freemium, Premium, Free-to-Fee, Push-Pull-Mooring,
Covariance-Based Structural Equation Modeling, Switching Intention
|
|