ABSTRAK
Nama : S Jadiaman Sihombing
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi Usability dan Usulan Desain Alternatif Aplikasi SwipeRx
Belanja: Studi Kasus PT Mclinica Health Solutions
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
PT Mclinica Health Solutions atau lebih dikenal dengan SwipeRx merupakan
perusahaan rintisan yang menyediakan solusi teknologi industri farmasi. SwipeRx
memelopori model perdagangan berbasis komunitas yang menyatukan saluran farmasi
yang terfragmentasi pada satu platform yang memungkinkan pengguna mengakses
semua informasi, pendidikan, dan obat-obatan. SwipeRx melayani kebutuhan apotek
dalam penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan dengan menyediakan fitur SwipeRx
Belanja. Hasil riset internal menunjukkan bahwa pengguna SwipeRx Belanja
membutuhkan lebih banyak upaya kognitif saat menggunakan SwipeRx Belanja. Dari
data laporan produk mClinica tahun 2022, diidentifikasi bahwa tingkat kesenjangan
dalam product discovery pada SwipeRx Belanja mengalami penurunan funnel dari 56%
kuartal terakhir menjadi 52% pada kuartal saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengevaluasi usability dan mengembangkan desain alternatif sebagai solusi
rekomendasi khususnya pada halaman produk, pencarian, keranjang, detail pesanan,
home dan checkout. Penelitian ini menerapkan kuesioner System Usability Scale (SUS),
Open-Ended Question (OEQ) dan Usability Testing (UT). Sebanyak 75 responden
berpartisipasi dalam pengisian kuesioner SUS dan OEQ. Selanjutnya dipilih 6 dari 75
responden untuk berpartisipasi dalam kegiatan evaluasi secara kualitatif UT. UT
dilakukan dua kali dengan melibatkan 6 pelanggan pada masing-masing tahap. UT Fase
1 dilakukan untuk mendapatkan permasalahan dari konsidi sekarang. Hasil dari
kelompok permasalahan dipetakan ke dalam prinsip Nielsen's ten principles for
interaction design dan Shneiderman’s eight golden rules sehingga menghasilkan
rekomendasi solusi perbaikan. UT Fase 2 dilakukan untuk menguji solusi desain
alternatif yang dikembangkan. Setelah dilakukan evaluasi usability baik dari segi
kuantitatif (SUS) dan kualitatif (UT Fase 1), diusulkan enam belas solusi desain
alternatif tampilan antarmuka pada halaman produk, pencarian, keranjang, pembayaran,
home dan checkout. Enam belas solusi desain alternatif diuji kembali dengan UT Fase 2
yang melibatkan responden yang sama pada UT Fase 1. Hasil evaluasi UT Fase 2
kemudian dibandingkan dengan hasil UT Fase 1. Hasil dari evaluasi prototipe solusi
desain alternatif ditemukan pengurangan kemunculan permasalahan dari SwipeRx
Belanja. Hasil pengukuran SUS juga mengalami kenaikan dari nilai B kategori Good
menjadi nilai A kategori Excellent. Perbaikan desain antarmuka aplikasi mampu
memberikan peningkatan positif pada usability dan user experience SwipeRx Belanja.
|