ABSTRAK
Nama : Muhamad Wijaya Adisaputra
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi Kelengkapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi
Menggunakan OGC Self-Assessment berbasis Kerangka Kerja ITIL:
Studi Kasus Perusahaan Fast Moving Consumer Goods PT XYZ
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer
Goods (FMCG) di Indonesia. Saat ini departemen manajemen Sistem Informasi PT XYZ
memiliki lebih dari 80 jenis layanan Teknologi Informasi (TI) yang beroperasi. Jumlah
layanan yang cukup banyak memerlukan pengelolaan manajemen layanan TI yang baik.
Permasalahan ditandai dengan tidak tercapainya SLA penyelesaian incident sejak tahun
2020 hingga 2021. Dari 24 bulan data yang didapatkan, hanya tujuh bulan saja yang
persentase SLA bulanannya dapat tercapai.
Penelitian ini memetakan permasalahan ke dalam tiga proses dalam kerangka kerja ITIL
v3 2011 yaitu incident management, change management, dan problem management.
Analisis data menggunakan metode mixed-method yaitu kuantitif dengan melakukan
evaluasi menggunakan OGC self-assessment tools dan kualitatif dengan melakukan studi
pustaka, wawancara, dan observasi untuk memperdalam pengetahuan dari jawaban
evaluasi yang didapatkan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, kondisi manajemen layanan TI di PT XYZ saat ini
yaitu Incident Management berada pada level 2-Process Capability, Change
Management pada level 2.5-Internal Integration, dan Problem Management pada level
1.5-Management Intent. Hal ini menunjukan evaluasi manajemen layanan TI saat ini
kurang memuaskan dan mempengaruhi kualitas layanan TI yang diberikan. Oleh karena
itu penelitian ini juga merancang analisis rekomendasi untuk dijadikan acuan dalam
meningkatkan kualitas manajemen layanan TI.
|