ABSTRAK
Nama : Novia Agusvina
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Analisis Sentimen terhadap Ulasan Aplikasi: Studi Kasus Aplikasi
Pegadaian Digital pada Google Play Store
Pembimbing : Alfan Farizki Wicaksono, S.T., M.Sc., Ph.D
Dalam upaya meningkatkan layanan melalui aplikasi Aplikasi Pegadaian Digital, PT
Pegadaian terus berupaya untuk melakukan monitoring kepuasan pelanggan dari
aplikasi dengan memanfaatkan dashboard Google Play Store. Namun, berdasarkan
hasil analisis, terdapat ketidakcocokan antara rating Google Play Store dengan label
orientasi sentimen sesungguhnya. Persentasi kesalahan rating yang diambil dari 524
komentar yang telah divalidasi oleh manusia adalah sebesar 34.09%. Artinya, rating
pada Google Play Store yang diberikan terhadap 34.09% dari 1.018 review tidak
merefleksikan orientasi sentimen yang sesungguhnya. Hal ini menjadi masalah
dikarenakan tidak sejalan dengan harapan yang telah disampaikan oleh Kepala Divisi
Operasional dan Infrastruktur TI pada sharing and learning yang dilakukan pada
tanggal 9 Maret 2021 mengenai peningkatan layanan sentra operasi, di mana seharusnya
perusahaan dapat mengetahui kepuasan pelanggan secara akurat. Jika hanya
mengandalkan data rating dan ulasan secara mentah dan tanpa analisis maka harapan
pelanggan yang sesungguhnya tidak dapat dipenuhi. Sehingga dibutuhkan analisis yang
mampu melakukan evaluasi dan menunjukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap
suatu produk berdasarkan data opini pelanggan secara langsung. Tujuannya adalah
untuk mengetahui apakah rating merupakan model klasifikasi orientasi sentimen yang
efektif. Selain itu analisis sentimen perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh apa model
klasifikasi orientasi sentimen yang baik dapat bekerja dan membantu perusahaan untuk
mengetahui bagaimana gambaran sentimen positif dan negatif berdasarkan ulasan
aplikasi terhadap aplikasi. Pada Penelitian ini, untuk mendapatkan informasi tersebut,
dilakukan pendekatan data mining yaitu analisis sentimen dengan metode Maximum
Entropy dan Support Vector Machine. Dengan metode ini akan digambarkan ulasan
yang termasuk ulasan positif dan negatif. Selanjutnya ulasan dimodelkan dalam bentuk
harapan atau persepi dari pengguna yang nantinya dapat digunakan oleh perusahaan
sebagai bahan evaluasi pengembangan aplikasi. Hasil permodelan diuji akurasinya
dengan menggunakan Confussion Matrix. Dari hasil confusion matrix didapatkan hasil
bahwa algoritma Support Vector Machine mendapatkan nilai accuracy, precision, recall
dan F-score yaitu accuracy sebesar 87,25%, nilai precision sebesar 97,67%, recall
sebesar 77,78%, dan nilai F-Score 86,60%. Dengan penelitian ini, diharapakan
membantu PT. Pegadaian dalam menggali harapan pelanggan secara lebih sepesifik dan
detail sehingga perusahaan mampu meberikan layanan yang tepat sasaran dan sesuai
harapan pelanggan.
|