ABSTRAK
Nama : Dewi Rokhmah Pyriana
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi Usability Dan User Experience Serta Rekomendasi
Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Seluler My Home Credit:
Studi Kasus PT Home Credit Indonesia
Pembimbing : Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.
Aplikasi seluler milik PT Home Credit Indonesia yang bernama “My Home Credit”
digunakan sebagai sarana utama untuk berinteraksi dengan konsumen yang melakukan
pengajuan pembiayaan barang di toko mitra. Hasil wawancara semiterstruktur yang
dilakukan bersama Process Improvement Manager untuk produk POS Offline dan
laporan dokumen perusahaan menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah
pelanggan yang melakukan transaksi di toko mitra secara offline dengan persentase
yang tidak sesuai dengan harapan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melakukan evaluasi usability dan user experience pada aplikasi seluler “My Home
Credit” dan memberikan rekomendasi perbaikan pada tampilan antarmuka aplikasi.
Jenis penelitian ini adalah exploratory mixed methods research. Responden pada
penelitian ini dibagi menjadi dua kategori yaitu pengguna lama dan pengguna baru.
Analisis data secara kuantitatif dilakukan pada hasil kuesioner daring Post-Study System
Usability Questionnaire (PSSUQ) dan User Experience Questionnaire (UEQ) oleh 100
orang responden yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Penilaian PSSUQ
untuk tampilan aplikasi saat ini menunjukkan kategori overall, system usefulness, dan
interface quality yang memiliki nilai rata-rata di bawah standar. Penilaian UEQ untuk
tampilan aplikasi saat ini menunjukkan skala daya tarik, kejelasan, ketepatan, stimulasi,
kebaruan, dan efisiensi yang buruk dan di bawah rata-rata. Analisis data secara kualitatif
dilakukan pada hasil open-ended questions dan hasil pelaksanaan usability testing oleh
12 orang responden yang merupakan bagian dari responden kuesioner daring. Analisis
data open-ended questions menghasilkan 14 daftar permasalahan, dan 20 daftar
permasalahan pada usability testing. Pada tahap penggabungan dan pengeliminasian
masalah menghasilkan 17 kelompok permasalahan yang dipetakan ke dalam prinsip
mobile user experience dan usability heuristics for user interface design. Perancangan
desain perbaikan antarmuka aplikasi menggunakan pendekatan user centered design
dan prinsip mobile device interface design guidelines, yang selanjutnya menghasilkan
high fidelity prototype yang clickable. Hasil rekomendasi perbaikan desain antarmuka
dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan nilai kegunaan aplikasi dan kepuasan
pengguna sehingga berdampak pula pada peningkatan jumlah customer.
|