ABSTRAK

Nama : Dewi Rokhmah Pyriana Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Evaluasi Usability Dan User Experience Serta Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Seluler My Home Credit: Studi Kasus PT Home Credit Indonesia Pembimbing : Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.

Aplikasi seluler milik PT Home Credit Indonesia yang bernama “My Home Credit” digunakan sebagai sarana utama untuk berinteraksi dengan konsumen yang melakukan pengajuan pembiayaan barang di toko mitra. Hasil wawancara semiterstruktur yang dilakukan bersama Process Improvement Manager untuk produk POS Offline dan laporan dokumen perusahaan menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi di toko mitra secara offline dengan persentase yang tidak sesuai dengan harapan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi usability dan user experience pada aplikasi seluler “My Home Credit” dan memberikan rekomendasi perbaikan pada tampilan antarmuka aplikasi. Jenis penelitian ini adalah exploratory mixed methods research. Responden pada penelitian ini dibagi menjadi dua kategori yaitu pengguna lama dan pengguna baru. Analisis data secara kuantitatif dilakukan pada hasil kuesioner daring Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dan User Experience Questionnaire (UEQ) oleh 100 orang responden yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Penilaian PSSUQ untuk tampilan aplikasi saat ini menunjukkan kategori overall, system usefulness, dan interface quality yang memiliki nilai rata-rata di bawah standar. Penilaian UEQ untuk tampilan aplikasi saat ini menunjukkan skala daya tarik, kejelasan, ketepatan, stimulasi, kebaruan, dan efisiensi yang buruk dan di bawah rata-rata. Analisis data secara kualitatif dilakukan pada hasil open-ended questions dan hasil pelaksanaan usability testing oleh 12 orang responden yang merupakan bagian dari responden kuesioner daring. Analisis data open-ended questions menghasilkan 14 daftar permasalahan, dan 20 daftar permasalahan pada usability testing. Pada tahap penggabungan dan pengeliminasian masalah menghasilkan 17 kelompok permasalahan yang dipetakan ke dalam prinsip mobile user experience dan usability heuristics for user interface design. Perancangan desain perbaikan antarmuka aplikasi menggunakan pendekatan user centered design dan prinsip mobile device interface design guidelines, yang selanjutnya menghasilkan high fidelity prototype yang clickable. Hasil rekomendasi perbaikan desain antarmuka dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan nilai kegunaan aplikasi dan kepuasan pengguna sehingga berdampak pula pada peningkatan jumlah customer.