ABSTRAK
Nama : Rahmatul Mahdalina
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Analisis Kepuasan Pelanggan E-commerce pada Microblogs
Pembimbing : Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.
Teknologi mempengaruhi berbagai lini kehidupan masyarakat. Penggunaan transportasi,
memenuhi kebutuhan seperti belanja, bahkan juga untuk bersosialisasi semuanya
menggunakan teknologi. Aktivitas seperti jual beli juga pun terpengaruh, hingga
mendorong munculnya e-commerce. E-commerce tentu berkaitan dengan pelanggan
maupun pengguna e-commerce yang mengungkapkan berbagai opininya. Beberapa
opini disampaikan melalui media sosial yang dimiliki oleh e-commerce salah satunya
adalah Twitter. Opini inilah yang menarik dieksplorasi untuk diketahui sentimen dan
tingkat kepuasan dari pelanggan e-commerce. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan
untuk menyusun aspek kepuasan pelanggan dan juga menentukan metode Lexicon yang
relevan untuk analisis sentimen. Data diambil dari microblogs Twitter terbatas pada 5
penyelenggara e-commerce yaitu Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia
sebanyak 88.816 tweet. Dikategorisasikan ke dalam aspek-aspek sehingga menjadi
12.995 tweet. Aspek-aspek kepuasan pelanggan disusun melalui studi literatur dan
menghasilkan 6 aspek. Keenam aspek tersebut adalah aspek produk, penjual, logistik,
harga, layanan, dan sistem. Kategorisasi tweet ke dalam aspek menggunakan kata kunci
berkaitan dengan aspek-aspek sebanyak 73 kata kunci yang dihasilkan dari analisis hasil
word cloud dan topic modelling yang menggunakan LDA. Untuk pemilihan metode
lexicon dibuat skenario yang diujikan pada 300 tweet yang dilabeli secara manual dan
dipilih secara acak dari data aspek. Skenario yang dilakukan pada data berlabel ada dua,
yaitu menggunakan Lexicon 1 dan Lexicon 2. Lexicon 1 adalah perbandingan kamus,
sedangkan Lexicon 2 merupakan perbandingan rumus yang berbeda. Hasil Lexicon 1
adalah seluruh kamus memiliki nilai akurasi sama yaitu 0,54. Sedangkan pada Lexicon 2
memiliki nilai akurasi tertinggi yaitu 0,46 dari kamus berskala 1 dengan rumus pertama.
Sehingga, metode terpilih adalah Lexicon 1 menggunakan kamus InSet. Penerapan
kategorisasi aspek menghasilkan bahwa aspek dominan pada masing-masing ecommerce dan pada keseluruhan e-commerce adalah aspek produk. Penerapan metode
berbasis leksikon pada analisis sentimen menghasilkan bahwa di seluruh e-commerce
pada setiap aspeknya memiliki sentimen dominan positif. Implikasi dari penelitian ini
adalah bertambahnya khazanah ilmu pengetahuan berkaitan kepuasan pelanggan dan
bervariasinya kamus serta metode berbasis leksikon yang dapat menjadi referensi dan
penelitian lebih lanjut. Selain itu, bagi penyelenggara e-commerce penelitian ini dapat
membantu analisis untuk peningkatan maupun pengambilan kebijakan.
|