ABSTRAK
Nama : Muhammad Badriansyah Putra
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Evaluasi Usability Dan Rancangan Perbaikan Prototype Terhadap
Aplikasi Layanan Perbankan: Studi Kasus Bank BRI
Pembimbing : Drs. Bobby Achirul Awal Nazief, M.Sc., Ph.D.
Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.
New Delivery System merupakan aplikasi yang baru diterapkan dan diimplementasikan
di cabang-cabang Bank BRI, maka diperlukan sebuah evaluasi untuk menilai apakah
aplikasi NDS dapat memberikan dampak positif bagi para pengguna. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan mengukur nilai usability aplikasi NDS dan menghasilkan
rancangan prototype yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman
pengguna (user experience) dari aplikasi NDS. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi
aspek usabilitas (usability) sebuah aplikasi NDS menggunakan usability testing (UT)
metode cognitive walkthrough (CW) dan kuesioner Scale Usability System (SUS)
dengan melibatkan penggunanya. Sebanyak 191 responden berpartisipasi dalam
pengisian kuesioner SUS dan 18 responden (10 responden untuk UT Fase 1 dan delapan
responden UT Fase Evaluasi) yang berpartisipasi dalam kegiatan evaluasi secara
kualitatif UT. Setelah dilakukan evaluasi usability baik dari segi kuantitatif (SUS) dan
kualitatif (UT Fase 1), diusulkan sepuluh solusi desain alternatif tampilan antarmuka
pada halaman home, setor tunai, tarik tunai, overbooking dan pembukaan rekening.
Desain dirancang dan dievaluasi dengan UT Fase Evaluasi. Hasil evaluasi UT Fase 2
kemudian dibandingkan dengan hail UT Fase 1. Kedua hasil tersebut mengalami
kenaikan dari C- ke B, hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna meningkat
setelah dilakukannya perbaikan antarmuka pengguna yang lebih melibatkan ke
pengguna secara langsung, sehingga mengetahui permasalahan apa yang dihadapi
pengguna dalam penggunaan suatu produk.
|