ABSTRAK
Nama : Lado Rayhan Najib, Muhammad Iqbal Wijonarko,
Mohamad Aziz Gafirazi Irfandi
NPM : 1806141265, 1806186736, 1806141315
Judul : ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT
BERALIH PENGGUNAAN LAYANAN KONSULTASI
KESEHATAN OFFLINE KE TELEKONSULTASI DI
MASA PANDEMI: STUDI KASUS HALODOC
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom, Hafizh
Rafizal Adnan, S.Kom., M.Kom.
Pandemi virus Corona yang telah masuk di Indonesia menyebabkan terciptanya program
pembatasan sosial dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus sehingga
menciptakan suatu keadaan baru yang harus dijalani masyarakat yang disebut dengan
New Normal. Dengan adanya New Normal ini membuat masyarakat Indonesia memiliki
keinginan untuk memiliki alternatif untuk berkonsultasi kesehatan yaitu dengan
telekonsultasi menggunakan aplikasi Halodoc. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beralih penggunaan layanan
konsultasi kesehatan offline ke telekonsultasi dengan studi kasus aplikasi Halodoc
menggunakan teori push pull mooring (PPM). Penelitian ini menggunakan metode
analisis secara kuantitatif dan kualitatif (mix method). Metode analisis secara kuantitatif
dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online yang menghasilkan sebanyak 538
data valid. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode CB-SEM
dengan bantuan software AMOS 26 dan SPSS 25. Metode analisis secara kualitatif
dilakukan dengan memberikan wawancara ke 5 responden. Hasil analisis data kuantitatif
menunjukkan bahwa terdapat 9 hipotesis yang diterima dan 2 hipotesis yang ditolak.
Variabel perceived severity, perceived susceptibility, perceived usefulness, perceived
ease of use, economic feasibility, perceived informativeness, subjective norm, switching
cost, dan trust berpengaruh terhadap niat beralih masyarakat dari konsultasi kesehatan di
rumah sakit ke telekonsultasi. Sedangkan variabel inconvenience dan ubiquitous care
tidak berpengaruh terhadap niat beralih. Semua variabel yang dianalisis memiliki efek
yang tidak signifikan terhadap niat beralih. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat
membantu Halodoc untuk menyesuaikan fitur telekonsultasinya agar meningkatkan niat
beralih masyarakat Indonesia untuk menggunakan fitur telekonsultasi aplikasi Halodoc.
Kata kunci : Aplikasi Halodoc, niat beralih, CB-SEM, push pull mooring, mix method
|
|