ABSTRAK Nama : Abdurrahman Luqmanul Hakim, Abi Fajri Abdillah Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pembuatan Prototipe Pesat Menggunakan Pendekatan SPLE pada Pengembangan Game Digital Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc., Daya Adianto S.Kom. M.Kom. Proses pembuatan game object pada pengembangan game dapat dilakukan dengan lebih efisien bila menggunakan pendekatan software product line engineering (SPLE). Hal ini dikarenakan sebuah game object berkemungkinan mempunyai fitur-fitur yang dapat digunakan kembali pada game object lain, layaknya konsep commonality dan variability yang ada pada SPLE. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi character generator yang dapat digunakan game developer untuk membuat game object berupa karakter pada game yang dibuat. Aplikasi tersebut dirancang sedemikian rupa mengikuti kaidah-kaidah SPLE. Batasan pada penelitian ini adalah hasil game object dari aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada Godot Engine dan untuk game dengan genre turn-based roleplaying game. Kata kunci: Game Development, Game Object, Software Product Line Engineering