ABSTRAK
Nama : Abdurrahman Luqmanul Hakim, Abi Fajri Abdillah
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pembuatan Prototipe Pesat Menggunakan Pendekatan SPLE
pada Pengembangan Game Digital
Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc., Daya Adianto
S.Kom. M.Kom.
Proses pembuatan game object pada pengembangan game dapat dilakukan dengan lebih
efisien bila menggunakan pendekatan software product line engineering (SPLE). Hal ini
dikarenakan sebuah game object berkemungkinan mempunyai fitur-fitur yang dapat
digunakan kembali pada game object lain, layaknya konsep commonality dan variability
yang ada pada SPLE. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi character generator
yang dapat digunakan game developer untuk membuat game object berupa karakter pada
game yang dibuat. Aplikasi tersebut dirancang sedemikian rupa mengikuti kaidah-kaidah
SPLE. Batasan pada penelitian ini adalah hasil game object dari aplikasi tersebut hanya
dapat digunakan pada Godot Engine dan untuk game dengan genre turn-based roleplaying game.
Kata kunci:
Game Development, Game Object, Software Product Line Engineering
|
|