ABSTRAK Nama : Rocky Arkan Adnan Ahmad Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Model Commonsense Reasoning Bahasa Indonesia de- ngan Pendekatan Intermediate Task, Cross-lingual Transfer Learning, dan Task Recasting Model natural language processing (NLP) ditantang tidak hanya memiliki kemampuan “mengingat” secara statistik, tapi juga dapat melakukan semantic reasoning mendekati kemampuan manusia dalam memahami bahasa. Tugas ini disebut juga sebagai tugas yang menguji penalaran (commonsense reasoning) untuk suatu model. Tugas com- monsense reasoning pada bahasa Indonesia sudah ada, tetapi performa mesin pada tugas tersebut masih terbilang rendah. Penelitian ini mencoba meningkatkan performa mesin dalam tugas commonsense reasoning bahasa Indonesia. Digunakan tiga buah metode, yaitu intermediate-task transfer learning, cross-lingual transfer learning, dan task recasting. Ditemukan kalau intermediate-task transfer learning efektif dilakukan untuk data commonsense reasoning bahasa Indonesia, dengan peningkatan performa di berbagai tugas. Metode cross-lingual transfer learning juga ditemukan sangat efektif dilakukan. Didapatkan performa yang melebihi baseline pada tugas IndoGrad hanya dengan melatih model dalam data bahasa Inggris dan melakukan klasifikasi secara zero-shot pada data bahasa Indonesia. Lalu didapatkan juga performa state-of-the-art (SOTA) baru dalam IndoGrad yaitu 0.803, naik 0.116 dari performa tertinggi penelitian sebelumnya. Performa tersebut dicapai menggunakan model yang dilakukan fine-tuning pada data bahasa Indonesia setelah dilatih dengan data bahasa Inggris. Pada metode task recasting, performa model masih rendah dan didapatkan performa chance pada data uji. Dilakukan juga penjelasan terhadap model dalam menjawab tugas commonsense reasoning bahasa Indonesia. Penjelasan dilakukan dengan visualisasi attention dan probing task. Ditemukan model mendapatkan kenaikan performa dalam probing task ketika performa pada tugas commonsense reasoning juga naik. Ditemukan juga model dapat menjawab dengan benar dengan memberikan attention yang lebih besar ke pada jawaban yang benar dan mengurangi attention pada jawaban yang salah.