ABSTRAK
Nama : Ivan Eka Aditya
Program Studi : Magister Teknologi InformasiJudul
: Analisis Rute Potensial Kapal Penumpang Menggunakan Teknik
Data Mining: Studi Kasus PT PELNI (Persero)
Pembimbing
: Ir. Wahyu Catur Wibowo, M.Sc., Ph.D.
Indonesia sebagai negara maritim membutuhkan sarana transportasi laut untuk
mendorong pertumbungan ekonomi di Indonesia. Mobilitas penumpang dan barang
yang terjadi merupakan peluang PT PELNI (Persero) untuk dapat meningkatkan
pendapatan perusahaan melalui optimalisasi trayek kapal penumpang. Namun saat ini
PT PELNI (Persero) belum dapat menentukan rute-rute potensial sehingga trayek yang
ditetapkan belum dapat mengoptimalkan margin keuntungan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis hasil penjualan tiket penumpang dan barang pada kapal penumpang
PT PELNI (Persero) dengan mempelajari pola rute-rute yang sering dilalui penumpang
maupun barang pada waktu tertentu dan sebaran penumpang/barang berdasarkan daerah
atau pelabuhan di Indonesia agar dapat membantu Manajemen dalam pengambilan
keputusan untuk mengoptimalkan trayek perjalanan kapal dan meningkatkan
penghasilan perusahaan.
Penelitian ini merupakan quantitative research menggunakan experimental strategy
dengan pengumpulan data kuantatitatif dari data transaksi penjualan tiket penumpang
dan barang pada kapal penumpang untuk dilakukan pengujian hubungan antar variabel
dengan pemodelan data mining. Kemudian dilakukan tahapan-tahapan pada data
mining menggunakan Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM)
untuk menemukan pola rute-rute yang sering dilalui oleh penumpang kapal maupun
muatan barang. Penelitian ini menggunakan teknik data mining, yaitu clustering dengan
algoritma K-Means dan classification dengan algoritma Naïve Bayes, Decision Tree dan
Random Forest. Berdasarkan hasil clustering yang dievaluasi dengan metode Elbow,
cluster terbaik yang digunakan adalah cluster dengan nilai k=4 untuk menjadi label
pada pemodelan classification. Dari hasil classification, Algoritma yang memiliki
tingkat akurasi paling baik adalah algoritma Random Forest dengan nilai accuracy
sebesar 99,70% dan accuracy meningkat setelah diseimbangkan dengan SMOTE
upsampling menjadi 99,85%. Dari pemodelan data mining yang dilakukan dihasilkan
rute-rute potensial untuk angkutan penumpang, potensial untuk angkutan barang, cukup
potensial dan kurang potensial untuk penumpang atau muatan barang, sehingga PT
PELNI (Persero) dapat mengatur stategi pemasaran untuk mengoptimalkan trayek
dengan menyesuaikan rute, mengatur alokasi seat dan frekuensi pelayaran kapal
penumpang pada saat peak season maupun low season.
|