ABSTRAK
Nama : Carissa Alanda Basyah, Josia Priscilla Pittauli, Siti
Nurlaila
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Karakteristik Live Shopping Tiktok
terhadap Intensi Pembelian dan Word of Mouth: Perspektif
Pleasure-Arousal-Dominance (PAD)
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom & Yekti
Wirani, S.T., M.T.I.
TikTok merupakan salah satu media sosial yang sedang populer di Indonesia. TikTok
telah merambah menjadi social commerce melalui salah satu layanan yang sedang
populer yaitu live shopping. Live shopping merupakan bentuk baru dari e-commerce
yang dilakukan melalui platform siaran langsung. Live shopping memberikan
kemudahan interaksi yang terjadi antara penonton dan penjual (streamer) secara
real-time. Kelebihan tersebut dapat menutupi permasalahan yang sering dirasakan
konsumen dalam proses pembelian online yaitu keraguan terhadap produk. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik live shopping TikTok yang
memengaruhi intensi pembelian dan Word of Mouth (WOM) melalui perantara dimensi
emosional. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori PAD (Pleasure
Arousal Dominance). Penelitian ini menggunakan metode analisis Covariance-Based
Structural Equation Modelling (CB-SEM) dan mengolah data menggunakan program
AMOS 26, IBM SPSS Statistics 26, dan Google Sheet. Data responden yang valid dan
digunakan hingga tahap analisis berjumlah 677 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa karakteristik dari live shopping TikTok yang berpengaruh secara
signifikan terhadap pleasure dan arousal adalah visibility, sedangkan dominance
dipengaruhi oleh ubiquity dan interactivity. Selanjutnya, pleasure memengaruhi secara
signifikan intensi pembelian dan WOM, arousal hanya memengaruhi intensi pembelian,
dan dominance hanya memengaruhi WOM. Hasil penelitian ini berkontribusi sekaligus
memperkaya literatur terkait live shopping dengan menemukan keterkaitan antara
karakteristik live shopping dengan intensi pembelian dan WOM. Penelitian ini memiliki
implikasi yang dapat digunakan oleh pemangku kepentingan platform TikTok Live
Shopping agar menjadi platform live shopping yang paling unggul di dalam industri live
shopping yang kini semakin kompetitif.
Kata kunci: TikTok, live shopping, intensi pembelian, Word of Mouth (WOM), teori
SOR (Stimulus-Organism-Response), teori PAD (Pleasure Arousal Dominance),
Covariance-Based Structural Equation Modeling, Indonesia
|
|