ABSTRAK Nama Mahasiswa 1 : Aynun Nissa Setiawan NPM Mahasiswa 1 : 1906399202 Nama Mahasiswa 2 : Shafira Azzahra NPM Mahasiswa 2 : 1906353813 Nama Mahasiswa 3 : Yolanda Emanuella Sutanto NPM Mahasiswa 3 : 1906299206 Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Usability dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka Aplikasi McDelivery Indonesia Pembimbing : Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus. Syifa Nurhayati, M.Kom. McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive usability evaluation untuk expert , serta user interview , Usability Testing (UT), think aloud , first-click testing , dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation , competitive usability evaluation , user interview , think aloud , first click testing , System Usability Scale (SUS), dan task analysis . Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia. Kata kunci: Food Delivery Application, McDelivery Indonesia, Usability, Redesign