ABSTRAK
Nama : Aransandya Pangesthika Arrumy, Herbiyona
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Freelancer
untuk Berpartisipasi dalam Kontes pada Platform
Crowdsourcing
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom & Widia Resti
Fitriani, S.Kom., M.Kom.
Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang
dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu
opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes
pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi
merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat
freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara
Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini
memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau
berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian
dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara
kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis
kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest
information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest
secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’
endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral
route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan
adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini
juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi
participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi
celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer
dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak
pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk
dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer.
Kata kunci:
Freelancer, Crowdsourcing, Platform Crowdsourcing, Kontes Crowdsourcing,
Partisipasi, Elaboration Likelihood Model, Trust Transfer Theory, PLS-SEM, Thematic
Analysis
|
|