ABSTRAK
Nama Penulis : Ghifari Aulia Azhar Riza
: Dionisius Baskoro Samudra
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Deteksi Keramaian Real-time untuk Sistem Billboard Iklan
Cerdas dengan FogVerse
Pembimbing : Muhammad Hilman, Ph.D.
Dr. Eng. Laksmita Rahadianti
Penayangan iklan pada tempat umum cenderung dilakukan secara acak, sehingga pesan
yang disampaikan bisa tidak tepat sasaran. Smart-ads billboard dapat menjadi salah satu
solusi untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan kondisi dan situasi pada suatu area.
Smart-ads billboard dapat direalisasi menggunakan sensor secara real-time dengan me-
manfaatkan internet of things (IoT). Permasalahannya, perangkat IoT bisa saja meng-
hasilkan data yang banyak dan berukuran besar, sedangkan perangkat IoT memiliki ka-
pabilitas komputasi yang sangat terbatas. Penggunaan paradigma cloud computing dapat
menjadi salah satu solusi, sebab resource yang terdapat pada cloud berjumlah jauh lebih
banyak jika dibandingkan dengan perangkat IoT. Namun, limit bandwidth jaringan dapat
meningkatkan latency pada suatu sistem, sehingga diterapkan paradigma fog computing.
Untuk dapat mengimplementasikan fog computing pada sistem smart-ads billboard de-
ngan mudah, pengaplikasian FogVerse sebagai basis dari sistem menjadi salah satu pilihan
yang baik, sebab FogVerse dirancang khusus untuk menunjang stream data processing
dengan menggunakan Apache Kafka. Sistem smart-ads billboard bekerja dengan mende-
teksi jumlah orang pada suatu tempat, kemudian menampilkan iklan sesuai dengan jumlah
orang yang ada. Untuk itu, dibutuhkan proses object detection secara real-time menggu-
nakan suatu model machine learning. Penggunaan model machine learning YOLO dapat
mendukung hal tersebut, kaerna YOLO dapat melakukan object detection secara real-time
menggunakan deep learning. Penelitian ini menyelesaikan permasalahan smart-ads bill-
board dalam dua tahap. Pertama, dilakukan fine-tuning untuk implementasi YOLO untuk
object atau person detection menggunakan crowdhuman dataset. Hal ini dilakukan un-
tuk meningkatkan performa model dalam mendetekis orang. Selanjutnya, model YOLO
ini diadaptasi ke dalam sistem FogVerse untuk smart-ads billboard. Penelitian ini juga
menunjukan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi latency dari sistem dan CPU uti-
lization dari perangkat fog, serta bagaimana mengoptimalkan penggunaan perangkat fog
dengan suatu scheduling algorithm.
Kata kunci:
Smart-ads billboard, FogVerse, fog computing, cloud computing, scheduling, YOLO,
crowdhuman dataset
|
|