ABSTRAK
Nama : Khalishah Aurelia Asbran dan Nandini Antya Kirana
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka TikTok
Shop
Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng.
Pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan signifikan terhadap kebiasaan berbelanja
masyarakat Indonesia. Salah satu tren yang muncul akibat fenomena ini merupakan
migrasi kegiatan berbelanja pada toko offline ke platform social commerce. Migrasi ini
mendorong platform-platform social commerce untuk terus berkembang dan meningkatkan
keunggulan bersaing. TikTok Shop merupakan salah satu platform social commerce yang
terintegrasi dengan media sosial TikTok yang baru dilansir ke pasar pada tahun 2021.
Dengan perkembangan aplikasi TikTok yang cukup pesat sejak rilis aplikasi, TikTok Shop
memiliki potensi kesuksesan yang besar dalam industri online commerce. Salah satu aspek
yang mendukung pertumbuhan dari TikTok Shop sendiri merupakan aspek usability di
mana dengan kondisi baru dilansir, TikTok Shop masih mempunyai banyak ruang untuk
berkembang dalam aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan
mewujudkan kebutuhan pengguna TikTok Shop. Penelitian ini menghasilkan rancangan
desain antarmuka alternatif dari TikTok Shop yang dirancang menggunakan pendekatan
User-Centered Design (UCD). Berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner dan
wawancara pengguna, desain alternatif yang dirancang telah menyediakan perbaikan
terhadap 18 halaman utama dengan fitur-fitur yang mendukung proses pencarian produk,
pembelian produk, dan pelacakan pesanan. Rancangan desain alternatif kemudian
dievaluasi menggunakan Usability Testing (UT), wawancara kontekstual, dan System
Usability Scale (SUS). Hasil dari UT menyatakan mayoritas task mendapatkan success
rate sebesar 100% dengan nilai terkecil sebesar 90%. Sementara itu, didapatkan bahwa
hasil SUS dari desain alternatif TikTok Shop mendapatkan skor akhir sejumlah 83,67 yang
termasuk kategori grade B dengan rating excellent sehingga sistem dinilai memiliki
usability yang cukup baik untuk digunakan.
Kata kunci:
TikTok Shop, social commerce, user-centered design, UCD, kegiatan berbelanja
|
|