ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Hisyam Athaya
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Desain Antarmuka dan Interaksi Forum Diskusi Daring
Asinkron untuk Pembelajaran Nahwu Berkerangka Kerja
Komunitas Inkuiri
Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembelajaran bahasa Arab berbantukan komputer memanfaatkan teknologi untuk
membantu dan mendukung pelajar dalam perolehan bahasa kedua (second language
acquisition). Salah satu bentuk implementasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab
adalah melalui pembelajaran bahasa Arab berbasis teks menggunakan forum diskusi
daring asinkronus. Salah satu pedagogi yang mendukung terjadinya interaksi dalam
pembelajaran adalah kerangka kerja Komunitas Inkuiri (Community of Inquiry/CoI),
dimana interaksi partisipan pada aktivitas inkuiri digambarkan dalam tiga kehadiran:
kehadiran sosial, kehadiran kognitif dan kehadiran pengajaran. Penelitian ini berfokus
dalam pembelajaran Nahwu (ilmu tata bahasa Arab) menggunakan metode langsung
berbasis teks pada forum diskusi daring asinkronus berkerangka kerja Komunitas Inkuiri.
Penggunaan metode langsung pada pembelajaran bahasa Arab merujuk pada
pembelajaran bahasa tanpa menggunakan perantara terjemahan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendefinisikan kebutuhan
desain. Wawancara eksploratif dilakukan dengan narasumber dosen dan mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor yang
menggunakan metode langsung sepenuhnya dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab.
Hasil wawancara diolah secara kualitatif untuk mendapatkan kebutuhan desain prototipe.
Dua skenario pembelajaran Nahwu untuk memfasilitasi interaksi pengguna pada aktivitas
perkenalan dan diskusi materi pembelajaran Nahwu dikembangkan sebagai luaran dari
desain interaksi. Penelitian ini juga menghasilkan rancangan antarmuka yang
memfasilitasi interaksi forum diskusi daring asinkronus yang didesain menggunakan
metode user-centered design (UCD) dan pendekatan learner-centered design (LCD).
Untuk mengetahui masukan dan persepsi pengguna, pengujian kontekstual
dilakukan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Arab Universitas Darussalam Gontor yang hasilnya menunjukkan bahwa prototipe
mampu memfasilitasi interaksi pengguna dalam mempelajari Nahwu melalui diskusi
secara daring dan membantu partisipan melakukan kontekstualisasi tiga kehadiran
kerangka kerja CoI pada aktivitas diskusi tersebut.
Kata Kunci: Nahwu, bahasa Arab, forum diskusi, community of inquiry, user-centered
design
|