ABSTRAK
Nama : Karina Aulia Putri, Sefrina Fauranisa
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Rancangan dan Evaluasi Desain Prototipe Mobile Social
Commerce pada Aplikasi LINE: Studi Kasus Chat-Based
Community Group Buying
Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembimbing 2 : Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom.
Kegiatan jual-beli saat ini telah banyak dilakukan secara digital atau disebut kegiatan
e-commerce . Perkembangan teknologi beserta kemudahan yang diberikan menjadi
alasan dari banyaknya kegiatan e-commerce yang terjadi saat ini . Kegiatan e-commerce
saat ini pun telah berkembang menjadi bentuk kegiatan e-commerce lainnya, yaitu
social commerce. Kegiatan social commerce saat ini juga telah berkembang menjadi
berbagai macam bentuk, salah satunya adalah kegiatan community group buying
berbasis chat. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan social commerce
dengan fokus berupa kegiatan community group buying berbasis chat ( chat-based
community group buying ) . Aplikasi media sosial berbasis chat yang menjadi fokus
utama penelitian ini adalah aplikasi LINE. Aplikasi LINE dipilih karena kondisi nyata
kegiatan chat-based community group buying saat ini sudah dilakukan menggunakan
aplikasi LINE beserta dengan pertimbangan lainnya terkait dengan potensi LINE
sebagai media sosial berbasis chat yang mampu mengakomodasi kegiatan social
commerce berupa chat-based community group buying. Penelitian ini menggunakan
pendekatan user-centered design dan menghasilkan rancangan desain prototipe m obile
social commerce pada aplikasi LINE yang dapat memfasilitasi chat-based community
group buying. Sebanyak total 10 fitur utama dihasilkan berdasarkan riset kebutuhan
pengguna, baik dari hasil analisis survei maupun wawancara. Rancangan desain
kemudian dievaluasi menggunakan metode usability testing , wawancara kontekstual,
kuesioner System Usability Scale (SUS), dan heuristic evaluation . Evaluasi dengan
usability testing menghasilkan completion rate untuk mayoritas task sebesar 100%,
serta satu task bernilai 33,33% sedangkan sedikit task yang bernilai 66,67%. Sementara
itu, rata-rata skor System Usability Scale yang didapatkan dari seluruh partisipan adalah
77,6 atau grade B+. Berdasarkan analisis terhadap hasil evaluasi dari wawancara
kontekstual dan heuristic evaluation , didapatkan sebanyak enam label solusi perbaikan
dan tujuh label saran perbaikan.
Kata Kunci:
chat-based community group buying, desain prototipe, social commerce, user-centered
design
|
|