ABSTRAK Nama : Endriyani Rahayu, Keiko Aaliya H. P., Rizma Chaerani H. P. Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : KONSEPTUALISASI PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN FITUR HASIL KOLABORASI BANK JAGO DAN GOJEK: PENERAPAN DIFFUSION OF INNOVATION THEORY DAN BRAND ALLIANCES Pembimbing : 1. Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. 2. Fathia Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc Perkembangan teknologi mampu memberikan dampak positif terutama dalam industri keuangan, terbukti dari transaksi keuangan yang semakin bergeser ke arah digital. Saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba menciptakan dompet digital atau bank digital sebagai solusi keuangan. Dengan kondisi 48% masyarakat Indonesia tidak memiliki rekening bank padahal tingkat penetrasi pengguna smartphone sudah di angka 67,88% menjadikan kondisi ini sebagai peluang kolaborasi bagi Bank Jago dan Gojek untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui media digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna terhadap intensi penggunaan dari fitur hasil kolaborasi Bank Jago dan Gojek yang ditinjau dengan diffusion of innovation theory dan brand alliances. Penelitian ini dilakukan menggunakan mixed-method, dimana pendekatan kualitatif dilakukan dengan grounded theory dan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan PLS-SEM pada 431 responden. Pengalaman pengguna yang berhasil diidentifikasi pada tahap kualitatif adalah integration, design, flexibility, efficiency, dan financial benefit. Pada tahap kuantitatif diperoleh bahwa intention to use dipengaruhi oleh perceived compatibility, perceived relative advantages, attitude toward alliances, dan brand trust. Adapun perceived compatibility dipengaruhi oleh efficiency dan financial benefit, sedangkan perceived relative advantages dipengaruhi oleh integration, flexibility, efficiency, dan financial benefit. Dengan penelitian ini dapat menambah pengetahuan terkait inovasi kolaborasi produk digital dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Selain itu, penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembang produk digital terutama yang bergerak di bidang financial technology, masyarakat, dan pemerintah Indonesia dalam menciptakan ekosistem keuangan yang lebih baik. Kata kunci: Kolaborasi Bank Jago dan Gojek, Pengalaman Pengguna, Diffusion of innovation theory, Brand Alliances, Intention to Use, Mixed-Method, Grounded Theory, PLS-SEM