ABSTRAK
Nama : Endriyani Rahayu, Keiko Aaliya H. P., Rizma Chaerani H. P.
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : KONSEPTUALISASI PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP
INTENSI PENGGUNAAN FITUR HASIL KOLABORASI BANK
JAGO DAN GOJEK: PENERAPAN DIFFUSION OF INNOVATION
THEORY DAN BRAND ALLIANCES
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
2. Fathia Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc
Perkembangan teknologi mampu memberikan dampak positif terutama dalam industri
keuangan, terbukti dari transaksi keuangan yang semakin bergeser ke arah digital. Saat
ini, banyak perusahaan berlomba-lomba menciptakan dompet digital atau bank digital
sebagai solusi keuangan. Dengan kondisi 48% masyarakat Indonesia tidak memiliki
rekening bank padahal tingkat penetrasi pengguna smartphone sudah di angka 67,88%
menjadikan kondisi ini sebagai peluang kolaborasi bagi Bank Jago dan Gojek untuk
meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui media digital. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna terhadap intensi
penggunaan dari fitur hasil kolaborasi Bank Jago dan Gojek yang ditinjau dengan
diffusion of innovation theory dan brand alliances. Penelitian ini dilakukan menggunakan
mixed-method, dimana pendekatan kualitatif dilakukan dengan grounded theory dan
pendekatan kuantitatif dilakukan dengan PLS-SEM pada 431 responden. Pengalaman
pengguna yang berhasil diidentifikasi pada tahap kualitatif adalah integration, design,
flexibility, efficiency, dan financial benefit. Pada tahap kuantitatif diperoleh bahwa
intention to use dipengaruhi oleh perceived compatibility, perceived relative advantages,
attitude toward alliances, dan brand trust. Adapun perceived compatibility dipengaruhi
oleh efficiency dan financial benefit, sedangkan perceived relative advantages
dipengaruhi oleh integration, flexibility, efficiency, dan financial benefit. Dengan
penelitian ini dapat menambah pengetahuan terkait inovasi kolaborasi produk digital dan
dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Selain itu, penelitian ini dapat
bermanfaat bagi pengembang produk digital terutama yang bergerak di bidang financial
technology, masyarakat, dan pemerintah Indonesia dalam menciptakan ekosistem
keuangan yang lebih baik.
Kata kunci: Kolaborasi Bank Jago dan Gojek, Pengalaman Pengguna, Diffusion of
innovation theory, Brand Alliances, Intention to Use, Mixed-Method, Grounded Theory,
PLS-SEM
|
|