ABSTRAK
Nama Mahasiswa 1 : Andira Anggun Maharani S Darmadji
Nama Mahasiswa 2 : Ayesha Thalia Kanaya Putri
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Perancangan Desain Antarmuka dan Evaluasi Usability
Aplikasi E-Learning Environment Sekolah Menengah Atas
Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc
Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom, M. Eng.
Penelitian ini dipicu oleh minimnya penelitian yang berkaitan dengan desain
antarmuka aplikasi e-learning environment yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA
jurusan IPA dan IPS. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menganalisis, dan
mengimplementasikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh siswa SMA dalam proses
e-learning. Metode yang digunakan adalah User Centered Design untuk memastikan
desain yang dihasilkan menjawab kebutuhan pengguna. Pengumpulan kebutuhan
dilakukan dengan mewawancarai 15 pelajar SMA jurusan IPA dan IPS. Hasil analisis
kebutuhan menjadi dasar dari dirancangnya low fidelity prototype dan high fidelity
prototype berupa clickable mockup dengan mengacu pada teori Shneiderman’s Eight
Golden Rules of Interface Design, active learning, dan perkembangan kognitif oleh
Piaget. Low fidelity prototype bertujuan untuk memberikan gambaran tata letak pada
desain yang dirancang. Kemudian, high fidelity prototype bertujuan untuk memberikan
gambaran yang utuh terkait desain antarmuka yang dirancang. High fidelity prototype
ini dievaluasi melalui usability testing dan kuesioner System Usability Scale. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa hampir keseluruhan fitur yang diajukan memiliki completion
rate dan error-free rate sebesar 100%, yang menunjukkan bahwa pengguna dapat
menyelesaikan task tanpa adanya kesulitan yang berarti. Namun, terdapat dua fitur yang
memiliki tingkat error-free rate yang rendah, yaitu fitur “Dashboard” dan fitur “Materi
Pembelajaran”, masing-masing sebesar 63.64% dan 72.73%, yang kemungkinan dipicu
oleh bagian progres pembelajaran yang kurang ditekankan pada halaman “Dashboard”
dan keberadaan checkbox yang mendistraksi pada halaman “Mata Pelajaran”. Penelitian
ini mengajukan high fidelity prototype dan rekomendasi perbaikan yang didasarkan
pada umpan balik yang bermakna selama proses evaluasi dijadikan acuan untuk
melakukan pengembangan pada desain antarmuka e-learning environment.
Kata kunci:
E-learning, E-learning Environment, Desain Antarmuka, User Centered Design,
Usability
|
|