ABSTRAK
Nama : Athallah Rikza Ihsani, Aziz Jabbar Shiddiq
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Impuslive Buy-
ing Pada TikTok Live Shopping Menggunakan Parasocial
Relationship Theory, Flow Theory, dan Technology Affor-
dance
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom.
Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom.
TikTok live shopping merupakan suatu platform belanja secara real-time dimana streamer
dapat terhubung dan berinteraksi dengan pembeli secara langsung melalui konten live
streaming pada TikTok. Platform live stream commerce ini sedang naik tren, namun
masih sedikit penelitian yang membahas faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
pembelian impulsif di platform ini. Pembelian impulsif merupakan hal yang penting
karena dinilai sebagai salah satu kunci kesuksesan transaksi pada e-commerce. Oleh
karena itu, penelitian ini mencoba untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang memen-
garuhi pembelian impulsif menggunakan teori flow dan parasocial relationship. Pada
penelitian ini, faktor technology affordance dan faktor stream dimension dipilih sebagai
anteseden dari flow untuk mengetahui apakah teknologi pada TikTok live shopping dapat
memengaruhi perilaku pengguna. Sementara itu, source credibility model dipilih sebagai
anteseden dari teori parasocial relationship untuk mengetahui apakah faktor eksternal
dapat memengaruhi perilaku pengguna. Penelitian dilakukan menggunakan metode
campuran dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan
dengan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) dengan
menggunakan survei daring yang diisi oleh 608 responden valid. Pendekatan kualitatif
dengan wawancara telah dilakukan kepada sepuluh responden untuk memvalidasi hasil
kuantitatif. Hasil analisis membuktikan bahwa teori flow dan parasocial relationship
memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif; semua faktor
pada source credibility model memengaruhi parasocial relationship; dan hanya perceived
effortlessness serta interactivity yang memberikan pengaruh pada flow. Penelitian ini
berimplikasi teoretis dengan mengisi kekosongan penelitian mengenai pembelian impul-
sif pada live stream commerce khususnya TikTok live shopping. Penelitian ini memiliki
implikasi praktis bagi pelaku industri live stream commerce untuk mengimplementasi
fitur yang sesuai dan mengatur strategi bisnis yang tepat.
Kata kunci:
Flow theory, impulse buying, parasocial relationship theory, technology affordance, Tik-
Tok live shopping.
|
|