ABSTRAK
Nama Penulis 1 / Program Studi : Fikri Akmal / Ilmu Komputer
Nama Penulis 2 / Program Studi : Hilmy Akbar Nugraha / Ilmu Komputer
Nama Penulis 3 / Program Studi : Putu Wigunarta / Ilmu Komputer
Judul : “Pengembangan Aplikasi ‘TutorKu’: Aplikasi
Pencarian Tutor Privat Secara Daring
Menggunakan Metode User-Centered Design dan
Personalized Learning ”
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
dan Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.
Private tutoring merupakan sebuah konsep pembelajaran yang cukup populer karena
metodenya yang adaptif dengan topik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan learner.
Beberapa penelitian yang menganalisis tentang kegiatan private tutoring menyimpulkan bahwa
kegiatan ini mendukung proses akademis sehingga konsep private tutoring kerap
diimplementasikan pada kegiatan akademis pendukung..Setelah melakukan studi literatur,
didapatkan bahwa terdapat permasalahan akademis pada perguruan tinggi dimana angka
mahasiswa yang putus kuliah meningkat pada tahun 2020 sebesar 7% (Kemendikbud, 2020).
Penulis membuat hipotesis bahwa terdapat beberapa permasalahan penyebab putus kuliah
tersebut yang salah satunya adalah kesulitan mencari referensi ketika kegiatan perkuliahan
secara daring. Oleh karena itu penulis memadukan konsep personalized learning dan private
tutoring dengan memasukkannya pada kuota 60 menit belajar mandiri pada 1 SKS dalam
perkuliahan untuk menunjang proses pembelajaran dengan harapan dapat membantu performa
akademis. Untuk mengumpulkan data pendukung dan mencari pain points yang dialami oleh
pengguna, penulis melakukan wawancara dan kuesioner untuk mendapatkan beberapa poin
penting seperti kecocokan gaya belajar dan mengajar, komunikasi antar learner dan tutor, serta
keterbatasan waktu dan tempat dalam melakukan private tutoring. Penelitian ini bertujuan untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara mencari kesulitan yang dialami, kemudian
mengembangkan dan mengevaluasi sebuah sistem berbentuk websites untuk memfasilitasi
pencarian tutor dan learner. Penelitian ini mengimplementasikan dua konsep utama dalam
software engineering , yaitu user-centered design (UCD) dan waterfall development method .
Penelitian ini juga menggunakan pendekatan personalized learning untuk meningkatkan
efektivitas dan efisiensi proses private tutoring dengan mengadaptasikan proses pembelajaran
dengan melakukan personalisasi. Penelitian ini terdiri dari lima tahapan, yaitu perumusan
masalah dan studi literatur, requirements gathering yang menjalankan tahapan UCD, desain
sistem perangkat lunak sebagai usulan solusi, proses pengembangan yang
mengimplementasikan waterfall method dan melakukan software testing pada tahapan tersebut,
dan ditutup dengan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memiliki scope mahasiswa yang dibagi
menjadi dua sudut pandang yaitu learner yang merupakan mahasiswa yang ingin melakukan
private tutoring dan membutuhkan bantuan akademis dari ahli dan tutor yang merupakan
mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait bidang yang diahlikan. Penulis
ix
memilih tutor yang bersedia membantu proses belajar mengajar dan kegiatan private tutoring
yang dipilih adalah kegiatan yang bersifat sukarela dimana tutor akan menawarkan diri dengan
cara mendaftar pada aplikasi yang dikembangkan. Hasil evaluasi dari usulan solusi dari
penelitian ini menghasilkan total delapan fitur. Hasil evaluasi system usability scale (SUS)
berdasarkan 25 responden menghasilkan nilai rata-rata 75,5% yang masuk ke kategori “Baik”.
Selain itu, telah dilakukan load testing, endurance test, stress test, dan lighthouse testing yang
menghasilkan data bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu menampung hingga 250
concurrent user dengan jangka waktu hingga 24 jam.
Kata kunci : TutorKu, tutor, private tutor, personalized learnin g, user-centered design ,
waterfall
|