ABSTRAK
Nama : Hanifa Ariana, Ikmal Almuhtadi, Nikita Jacey
Natania
NPM : 1906306092, 1906308324, 1906353933
Judul : Analisis Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap
Body Satisfaction pada Kalangan Gen-Z
Pembimbing Skripsi I : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc.
Pembimbing Skripsi II : Pramitha Dwi Larasati, S.Si., M.Kom.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap salah satu
aspek psikologis penggunanya, yaitu kepuasan tubuh (body satisfaction), dengan
menggabungkan dasar teori Tripartite Influence Model of Body Disatissfaction dan teori
Stimulus-Organism-Response, dan juga memodifikasi dengan penambahan faktor-faktor
pemicu (stimulus) dari model dasar, yaitu aktivitas yang berkaitan dengan video
penampilan fisik (photo-based activity), motivasi untuk terlihat baik dari media sosial
(appearance motivation) dan literasi media sosial pengguna (social media literacy).
Objek dari penelitian ini merupakan media sosial TikTok, sebagai salah satu media sosial
berbasis gambar (photo-based) dengan subjek penelitian pengguna TikTok yang berbasis
di Indonesia dan memiliki rentang umur 17 – 26 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan
metode gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan
melalui penyebaran kuesioner dengan hasil 507 responden dan diolah menggunakan
metode Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan bantuan
aplikasi SPSS AMOS. Kemudian, untuk kualitatif dilakukan dengan mewawancarai 32
responden dan dianalisis dengan metode content-analysis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa upward appearance comparison dipengaruhi oleh photo-based
activity dan appearance motivation, sedangkan untuk thin-ideal internalization
dipengaruhi oleh appearance motivation dan social media literacy. Upward appearance
comparison dan thin ideal internalization comparison memberikan dampak buruk
terhadap body satisfaction penggunanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya dalam topik pengaruh media sosial
terhadap persepsi tubuh penggunanya, serta bagi pihak media sosial TikTok dalam
usahanya menciptakan lingkungan media sosial yang sehat bagi penggunanya.
Universitas Indonesia
xvii
Kata kunci : TikTok, body satisfaction, Tripartite Influence Model, thin-ideal
internalization, photo-based activity
|
|