ABSTRAK
Nama
: Vien Aulia Rahmatika
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul
: Analisis Sentimen Berbasis Aspek Electronic Government Quality
Terhadap Layanan Perpanjang SIM Online Menggunakan
Algoritma Machine Learning
Pembimbing
: Dr. Indra Budi S.Kom., M.Kom
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan alat negara yang terus berusaha
memberikan pelayanan publik secara prima salah satu nya dengan melakukan inovasi
dengan memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan SIM melalui aplikasi
bernama Digital Korlantas Polri. Namun sejak aplikasi tersebut diluncurkan pada tahun
2021 hingga tahun 2022 terdapat pemberitaan di berita online terkait kendala pada
aplikasi dalam perpanjangan SIM online yang tidak berjalan sebagaimana semestinya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pandangan masyarakat sebagai
pengguna layanan dari Twitter dan Play Store. Data yang digunakan dalam penelitian
ini berasal dari Twitter dan Play Store sebanyak 5944 data. Analisis dilakukan dengan
membangun model klasifikasi relevansi, aspek, dan sentimen pada aspek reliability,
efficiency, trust, dan citizen support. Algoritma yang digunakan yaitu Decision Tree,
Logistic Regression, dan SVM. Hasil pemodelan klasifikasi dengan performa yang
paling tinggi dalam klasifikasi relevansi, aspek, dan sentimen pada tiap aspek
dihasilkan oleh algoritma Logistic Regression dengan TF-IDF unigram dan SMOTE.
Pada model klasifikasi relevansi didapatkan nilai accuracy sebesar 87.05%, precision
sebesar 87.38%, recall sebesar 87.04%, dan f1 score sebesar 87.16%. Pada model
klasifikasi aspek, nilai accuracy sebesar 74.28%, precision sebesar 75.93%, recall
sebesar 74.27%, dan f1 score sebesar 74.70%. Pada model klasifikasi sentimen pada
masing-masing aspek, model klasifikasi sentimen pada aspek citizen support
mendapatkan nilai yang paling tinggi dibanding aspek lain yaitu dengan nilai accuration
sebesar 95.38%, precision sebesar 95.60%, recall sebesar 95.38%, dan f1-score sebesar
94.05%. Pada penelitian ini menghasilkan temuan sentimen pada masing-masing aspek
dalam layanan perpanjang SIM online di aplikasi Digital Korlantas Polri dimana
reliability merupakan aspek yang paling banyak dikemukakan dan mendapat sentimen
negatif, kemudian diikuti oleh aspek efficiency, citizen support, dan aspek trust.
|