ABSTRACT
Nama : Lia Ellyanti
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Penyedia Layanan
Internet di Indonesia
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom.
Penggunaan internet sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan tersendiri di masa setelah
diberlakukannya kegiatan bekerja secara hybrid dan juga kegiatan sekolah yang mulai
kembali normal seperti sebelum pandemi covid-19. Berdasarkan data yang dirilis oleh
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, penetrasi internet di Indonesia mencapai
77.02%, kemunculan beragam penyedia layanan internet di Indonesia dengan produk-
yang bersaing, dipengaruhi juga dengan meningkatnya penggunaan internet. Belum
adanya media ulasan resmi, mendorong masyarakat menggunakan media sosial untuk
mengungkapkan ulasan terhadap layanan internet. Pada penelitian ini digunakan data
media sosial Twitter untuk mendapatkan nilai sentimen terhadap layanan internet dengan
membuat model klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes, Support Vector
Machine, dan Decision Tree dan juga pengukuran nilai kepuasan pelanggan dan reputasi
merek dagang berdasarkan dari analisis sentimen yang didapatkan. Didapatkan hasil
analisis sentimen dengan algortima SVM memiliki hasil performa yang paling baik yaitu
75.36 %. Layanan internet Biznet, MNC Play, dan Iconnet mendapatkan nilai kepuasan
pelanggan berada pada urutan pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan untuk nilai reputasi
merek dagang, penyedia layanan internet Biznet dan MNC Play mendapatkan urutan
pertama dan kedua baik pada perhitungan hasil pelabelan manual maupun hasil prediksi.
Perhitungan CSS dan NBR ini dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk dijadikan
referensi dalam meningkatkan layanannya, selain itu dapat digunakan oleh masyarakat
sebagai bahan pertimbangan untuk memilih dan membandingkan penyedia layanan
internet terbaik yang akan digunakan.
|