ABSTRAK
Nama : Alia Mutia Mayanda
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Strategi Transformasi Digital pada Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) Industri Kemasan: Studi Kasus Toko
Warsin Jaya
Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse, M.LIS, Ph.D. Dr. Sofian Lusa, M.Kom.
Karya akhir ini membahas tentang strategi transformasi digital pada UMKM industri
kemasan dalam hal ini studi kasus penelitian pada Toko Warsin Jaya. Dalam keadaan
bisnis sehari-hari, Toko Warsin Jaya menghadapi beberapa tantangan dalam transaksi
online. Tantangan yang paling dirasakan yaitu perang harga yang sangat kompetitif antar
competitor dan belum adanya integrasi data penjualan online dan offline di internal Toko
Warsin Jaya. Disisi lain, faktor eksternal seperti kehidupan setelah COVID19 dan
program pemerintah dalam akselerasi UMKM Indonesia dibidang digital juga mendorong
Toko Warsin Jaya untuk melakukan transformasi digital. Hal ini menyebabkan Toko
Warsin Jaya perlu membuat suatu inovasi produk digital untuk menarik minat pembeli,
tidak hanya dari produk utama namun juga dari segi pelayanan dan pengalaman
berbelanja konsumen. Oleh karena itu, Toko Warsin Jaya membutuhkan strategi dalam
prosesnya bertransformasi digital. Dalam perumusan strategi transformasi digital,
penelitian ini menggunakan kerangka kerja Digital Leadership oleh Sunil Gupta yang
memiliki empat tahapan secara adaptif dan fleksibel. Penelitian ini juga menganalisis
kondisi internal dan eksternal perusahaan, dan analisis kondisi ideal transformasi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan analisis deskriptif
untuk penjelasannya. Penelitian ini menghasilkan 17 rekomendasi strategi transformasi
digital yang dapat diterapkan oleh Toko Warsin Jaya. Tujuh belas strategi yang dihasilkan
ini sudah divalidasi oleh empat orang pakar dibidang digitalisasi dan dapat
diimplementasikan secara bertahap pada Toko Warsin Jaya.
|