ABSTRAK
Nama : Fadhl
M. Daffa Yudhistira Dwipayana
Ryan Dirga Aidil Hakim
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Analisis Implementasi Gamification Pada
Aplikasi MyTelkomsel Terhadap Continuance
Intention Pelanggan Telkomsel
Pembimbing : Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.
Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc.
Aplikasi mobile menjadi salah satu produk digital yang banyak digunakan yang
mana dapat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. Maraknya
penggunaan aplikasi mobile didukung dengan penggunaan smartphone yang terus
meningkat, termasuk di Indonesia. Dengan fenomena ini, perusahaan melakukan
berbagai strategi agar aplikasi yang mereka buat dapat terus digunakan oleh para
pelanggan mereka, salah satunya adalah dengan mengimplementasikan
gamifikasi. Gamifikasi merupakan implementasi elemen game yang melibatkan
pelanggan pada aplikasi non-game untuk mencapai tujuan tertentu. Implementasi
gamifikasi juga dilakukan pada aplikasi yang bergerak di bidang telekomunikasi,
salah satunya adalah MyTelkomsel. Terdapat banyak penelitian yang sudah
meneliti tentang unsur gamifikasi dalam aplikasi mobile, namun belum ada yang
meneliti unsur gamifikasi dalam aplikasi MyTelkomsel secara spesifik. Penelitian
ini bertujuan untuk meneliti unsur gamifikasi dalam aplikasi MyTelkomsel, dan
pengaruhnya terhadap keinginan pelanggan untuk terus menggunakan aplikasi
tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Partial Least
Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan survei yang dibantu
oleh tools berupa Google Form yang diisi oleh 309 responden yang valid. Hasil
penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelanggan cenderung lebih
menyukai fitur Telkomsel Poin dibandingkan dengan Daily Check-In. Selain itu,
hasil penelitian juga menunjukkan faktor satisfaction, perceived usefulness, dan
intrinsic motivation pelanggan Telkomsel memengaruhi continuance intention
pelanggan secara signifikan dalam menggunakan aplikasi MyTelkomsel.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan Telkomsel dalam membuat
keputusan untuk melakukan improvisasi terhadap fitur gamifikasi dalam aplikasi
MyTelkomsel.
Kata kunci: MyTelkomsel, gamifikasi, continuance intention, PLS-SEM
|
|