ABSTRAK
Nama : Afnadiati Hartatika, Annisa Amalia Sholeka, Yasmin Qurrota
Aini
Program Studi : Sistem Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Usability dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka
Aplikasi M-Pajak dengan Pendekatan User-Centered Design
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.
Transformasi digital menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk mengadopsi proses
tradisional menjadi digital. Upaya ini juga sedang banyak digunakan dalam
pengimplementasian sistem pemerintahan, salah satunya pada layanan perpajakan di
Indonesia yaitu diluncurkannya aplikasi M-Pajak. Akan tetapi, penggunaan aplikasi MPajak belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna. Hal ini dilihat dari penilaian
salah satu distribusi digital, aplikasi M-Pajak mendapatkan penilaian yang tergolong
biasa saja atau berada di rentang rata-rata. Beberapa pengguna berpendapat aplikasi
belum memiliki fitur yang lengkap, secara fungsionalitas layanan perpajakan yang
diberikan belum selengkap layanan DJP Online. Keberadaan kedua layanan tersebut perlu
dipertanyakan nilai kegunaan aplikasi dalam memenuhi layanan perpajakan di Indonesia.
Oleh karena itu, diperlukan bagi perancang aplikasi untuk memastikan layanan dapat
memberikan pengalaman yang terbaik dengan mengoptimalkan manfaat yang diberikan
kepada Wajib Pajak. Pada penelitian layanan perpajakan terdahulu lebih fokus membahas
tentang layanan e-Filing pada DJP Online dan belum ada penelitian yang mengevaluasi
aplikasi mobile tentang perpajakan dari sisi usability. Maka dari itu, penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi usability dan melakukan perancangan ulang
desain antarmuka menggunakan metode pendekatan User-Centered Design (UCD) dan
menerapkan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Penelitian
ini melibatkan partisipan yang merupakan pengguna aplikasi M-Pajak dan DJP Online
pada pengumpulan data dan evaluasi usability. Evaluasi dilakukan sebanyak dua kali
dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan wawancara daring
dengan pengguna pada tahapan pertama. Solusi perbaikan desain yang diberikan tim
penulis berupa low-fidelity dan high-fidelity design. Pada evaluasi SUS tahap pertama
mendapatkan skor sebesar 64,23 atau ‘OK’ dan tahap kedua mendapatkan skor final
sebesar 82 atau ‘Good’. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi memberikan solusi
perbaikan sistem pada aplikasi M-Pajak dan dapat meningkatkan kualitas layanan
perpajakan di Indonesia.
Kata Kunci: Usability, User-Centered Design (UCD), M-Pajak, aplikasi mobile, layanan
perpajakan
|
|