ABSTRAK
Nama : Aulia Radityatama Suhendra, Bintang Dominique, Robby
Program Studi : Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Mendorong Repurchase Intention dalam Live
Stream Shopping dari Perspektif Social Exchange Theory: Multi
Group Analysis menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Usia.
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. &
Muhammad Mishbah, S.Kom., M.Kom.
Pandemi COVID-19 telah membawa dampak signifikan pada perilaku konsumen di seluruh
dunia, termasuk dalam aktivitas belanja daring (online shopping). Salah satu bentuk online
shopping yang mulai berkembang dan populer akhir-akhir ini adalah live stream shopping
(LSS), yaitu aktivitas belanja online yang dilakukan melalui video langsung yang dipandu
oleh streamer atau penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mendorong repurchase intention dalam aktivitas live stream shopping dari perspektif social
exchange theory. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori social exchange
sebagai teori yang merepresentasikan interaksi dua belah pihak (streamer dengan viewer)
dengan menerapkan cost-benefit analysis untuk menentukan risiko dan manfaat yang
diperoleh dari interaksi yang terjadi antara viewer dan streamer untuk memaksimalkan benefit
dan meminimalisir cost yang dapat terjadi. Penelitian ini memiliki 472 responden valid yang
pernah membeli barang dalam live stream shopping di aplikasi e-commerce atau s-commerce.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode partial least square structural equation
model (PLS-SEM) dan multigroup analysis berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usia
menggunakan bantuan program SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Learning, Perceived Enjoyment, Social Presence, Satisfaction, dan Responsiveness
berpengaruh terhadap repurchase intention, sedangkan Trust in Streamer dan Privacy Concern
tidak berpengaruh terhadap repurchase intention. Lalu, ditemukan bahwa terdapat perbedaan
penerimaan hipotesis saat diujikan terhadap kelompok jenis kelamin dan kelompok usia yang
berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak yang menggunakan
live stream shopping dalam melakukan pemasaran atau penjualan untuk meningkatkan
layanan mereka, yang dapat berdampak pada repurchase intention konsumen.
Kata kunci: E-commerce, S-commerce, Live Stream Shopping, Repurchase Intention, Social
Exchange Theory, Partial Least Square Structural Equation Model, Gender, Age Group
|
|