ABSTRAK
Nama : Kamila Kaffah, Nicolas Henry Wijaya, Rifqi Hilman
Saputra
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor Uses & Gratification dalam
Penggunaan Media Sosial yang Memengaruhi
Parasocial Relationship, Brand Engagement, dan Brand
Loyalty
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom &
Nilamsari Putri Utami, S.Kom., M.Sc.
Media sosial yang digunakan secara masif dewasa ini membuat brand saling bersaing
untuk membuat akun media sosial resminya sebagai sarana untuk mempromosikan
produk/layanannya secara daring. Brand yang menggunakan media sosial memiliki
potensi lebih tinggi untuk meningkatkan loyalitas para konsumennya. Di sisi lain,
penggunaan media sosial oleh seorang individu memberikan berbagai macam kepuasan
yang didefinisikan dalam teori Uses & Gratification (U&G). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor U&G yang mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen
terhadap brand yang akun media sosialnya mereka ikuti. Teori Uses and Gratification
(U&G) sebagai salah satu teori motivasi serta konsep parasocial relationship digunakan
pada penelitian ini untuk merepresentasikan hubungan faktor-faktor gratifikasi yang
didapatkan dari penggunaan media sosial untuk mengikuti akun media sosial brand
terhadap loyalitas pengguna. Penelitian diawali dengan wawancara untuk mendapatkan
data kualitatif yang akan digunakan sebagai dasar perumusan model, khususnya dalam
menentukan faktor gratifikasi yang didapatkan dari mengikuti akun media sosial brand.
Kemudian, penelitian menggunakan 309 data responden untuk analisis kuantitatif
dengan metode PLS-SEM. Wawancara konfirmatif juga dilakukan di akhir proses
penelitian untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
entertainment, economic benefits, learning benefits, dan brand interaction berpengaruh
terhadap parasocial relationship. Selain itu information seeking, entertainment,
economic benefits, dan brand interaction berpengaruh terhadap brand engagement.
Parasocial relationship berpengaruh terhadap brand engagement dan brand loyalty,
serta brand engagement berpengaruh terhadap brand loyalty. Penelitian ini diharapkan
dapat membantu brand untuk dapat mencari tahu faktor yang membuat konsumen
mengikuti media sosialnya dan cara untuk meningkatkan loyalitas dari konsumen
terhadap brand.
Kata kunci: media sosial, marketing, uses & gratification (U&G), brand loyalty, brand
engagement, parasocial relationship.
|
|