ABSTRAK
Nama : Eyota Wakanda
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Aktivitas Mahasiswa pada Student-Centered e Learning
Environment (SCeLE) Berdasarkan Data Log Menggunakan
Process Mining: Studi Kasus Kelas Aljabar Linier
Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng.
Keaktifan dan keterlibatan mahasiswa dalam Learning Management System menarik
perhatian peneliti dan praktisi di bidang e-Learning. Ketertarikan ini disebabkan adanya
manfaat dalam penggunaan e-learning secara paralel dengan pembelajaran konvensional.
Keaktifan mahasiswa tercermin dari kontribusi dalam aktivitas pembelajaran. Latar
belakang penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi aktivitas mahasiswa di dalam Student
Centered e-Learning Environment (SCELE) terhadap capaian akademis mahasiswa; yaitu
apakah ada perbedaan user journey mahasiswa yang capaian akademiknya tinggi
dibandingkan mahasiswa yang capaian akademiknya rendah. Selain itu, penelitian ini juga
ditujukan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa. Data
aktivitas mahasiswa diambil dari log Moodle yang dapat ditarik dari SCeLE kelas Aljabar
Linier. Log yang diambil kemudian disunting dan diproses menggunakan spreadsheet
Microsoft Excel dan process mining Disco. Untuk menggali persepsi mahasiswa mengenai
pengalaman belajar mahasiswa ketika menggunakan LMS SCeLE, maka dilakukan
wawancara terhadap beberapa mahasiswa sebagai partisipan penelitian. Hasil yang
didapatkan menunjukkan data tren aktivitas mahasiswa serta penurunan jumlah aktivitas
paruh kedua periode pembelajaran. Selain itu, diketahui juga dari sudut pandang
mahasiswa bahwa penurunan aktivitas setelah periode pertengahan semester dapat
disebabkan oleh beberapa faktor. Berdasarkan penelitian ini, diajukan rekomendasi
terhadap system dan kurikulum yang dapat memberikan gambaran karakteristik mahasiswa
dalam beraktivitas di LMS.
Kata kunci:
Process Mining, Moodle, Aktivitas, Learning Management System, Educational Process
Mining
|
|