ABSTRAK Nama : Marta Junike Dewi Anugerah, Nabila Azzahra Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Implementasi Augmented Reality Pada Produk Kategori Fashion Kacamata Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Kasus Fitur Virtual Try-On Pada E-Commerce Pembimbing 1 : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc. (Hons), S.H., M.Bus. Pembimbing 2 : Ika Chandra Hapsari, S.Kom., M.Kom Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi interaktif yang saat ini dimanfaatkan dalam kegiatan berbelanja secara online pada e-commerce karena dapat memberikan informasi visualisasi suatu produk yang membuat proses berbelanja online lebih efektif. Pengimplementasiannya pada e-commerce mampu mempengaruhi niat beli dari konsumen setelah merasakan pengalaman berbelanja yang interaktif. Perlu dilakukan analisis pengaruh dari pengimplementasian teknologi AR pada e-commerce khususnya pada produk kategori fashion seperti kacamata terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini akan menggunakan website optik seis sebagai salah satu platform e-commerce yang telah mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu, secara kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian akan menggunakan cognition-affect-conation (C-A-C) framework yang telah dimodifikasi. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM dan MANOVA dalam pengolahan data kuantitatif serta menggunakan thematic analysis dalam pengolahan data kualitatif. Pada penelitian ini jumlah responden yang valid dan digunakan dalam pengolahan data kuantitatif sebanyak 272 responden. Hasil penelitian ini menemukan terdapat empat faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam berbelanja menggunakan fitur AR virtual try-on pada e-commerce yaitu, Product Informativeness, Perceived Usefulness, Attitude, dan Satisfaction yang mana faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Namun, terdapat 2 faktor yang tidak terbukti mendukung Attitude secara signifikan yaitu, Experiential Value dan Ease of Use. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan adanya peningkatan yang signifikan pada minat beli konsumen saat setelah berbelanja menggunakan fitur AR virtual try-on di e-commerce dibanding dengan sebelum menggunakan fitur tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pengembang teknologi AR melalui implementasinya pada e-commerce. Serta, para penyedia layanan e-commerce diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang interaktif bagi para konsumen melalui fitur AR virtual try-on. Kata kunci: Augmented Reality, Augmented Reality Virtual Try-On, E-Commerce, Purchase Intention, Cognition, Affect, Conation