ABSTRAK
Nama : Marta Junike Dewi Anugerah, Nabila Azzahra
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Implementasi Augmented Reality Pada Produk
Kategori Fashion Kacamata Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi
Kasus Fitur Virtual Try-On Pada E-Commerce
Pembimbing 1 : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc. (Hons), S.H., M.Bus.
Pembimbing 2 : Ika Chandra Hapsari, S.Kom., M.Kom
Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi interaktif yang saat ini dimanfaatkan
dalam kegiatan berbelanja secara online pada e-commerce karena dapat memberikan informasi
visualisasi suatu produk yang membuat proses berbelanja online lebih efektif.
Pengimplementasiannya pada e-commerce mampu mempengaruhi niat beli dari konsumen
setelah merasakan pengalaman berbelanja yang interaktif. Perlu dilakukan analisis pengaruh dari
pengimplementasian teknologi AR pada e-commerce khususnya pada produk kategori fashion
seperti kacamata terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini akan menggunakan website optik
seis sebagai salah satu platform e-commerce yang telah mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini
menggunakan dua pendekatan yaitu, secara kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian akan
menggunakan cognition-affect-conation (C-A-C) framework yang telah dimodifikasi. Penelitian
ini menggunakan PLS-SEM dan MANOVA dalam pengolahan data kuantitatif serta
menggunakan thematic analysis dalam pengolahan data kualitatif. Pada penelitian ini jumlah
responden yang valid dan digunakan dalam pengolahan data kuantitatif sebanyak 272 responden.
Hasil penelitian ini menemukan terdapat empat faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
dalam berbelanja menggunakan fitur AR virtual try-on pada e-commerce yaitu, Product
Informativeness, Perceived Usefulness, Attitude, dan Satisfaction yang mana faktor-faktor
tersebut berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Namun, terdapat 2 faktor yang
tidak terbukti mendukung Attitude secara signifikan yaitu, Experiential Value dan Ease of Use.
Selain itu, penelitian ini juga membuktikan adanya peningkatan yang signifikan pada minat beli
konsumen saat setelah berbelanja menggunakan fitur AR virtual try-on di e-commerce dibanding
dengan sebelum menggunakan fitur tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
acuan bagi para pengembang teknologi AR melalui implementasinya pada e-commerce. Serta,
para penyedia layanan e-commerce diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang
interaktif bagi para konsumen melalui fitur AR virtual try-on.
Kata kunci:
Augmented Reality, Augmented Reality Virtual Try-On, E-Commerce, Purchase Intention,
Cognition, Affect, Conation
|
|