ABSTRAK
Nama : Yasmin Zhafira Fadhila, Nadia Sabrina
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Review Helpfulness dari Ulasan Produk Kecantikan pada Aplikasi
TikTok: Faktor Penentu dan Pengaruh terhadap Purchase Intention
Pembimbing : Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
Berkembangnya sebuah tren baru untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform jual beli
mendorong pengguna media sosial untuk memberikan ulasan terkait suatu produk. Hal ini
berguna untuk mempermudah masyarakat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai
suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi review helpfulness dari ulasan produk
kecantikan berbentuk short video dan live streaming pada aplikasi TikTok serta menganalisis
hubungan review helpfulness terhadap purchase intention. Penelitian ini mengadopsi
Information Adoption Model yang banyak digunakan peneliti dalam menjelaskan
kebermanfaatan dari sebuah informasi. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, pertama terkait
dengan ulasan online dalam bentuk short video dan yang kedua terkait dengan ulasan online
dalam bentuk live streaming. Analisis kuantitatif pada penelitian ini dilakukan terhadap 533
data bebas outlier pada penelitian 1 dan 342 data pada penelitian 2. Data dianalisis
menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM)
dengan bantuan SmartPLS 4. Pada kedua penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang
signifikan dari review helpfulness terhadap purchase intention. Pada penelitian 1 disimpulkan
bahwa source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, dan
review popularity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap review helpfulness
dari ulasan dalam bentuk short video. Pada penelitian 2 ditemukan bahwa review helpfulness
dari ulasan dalam bentuk live streaming dipengaruhi oleh source expertise, review relevancy,
review completeness, dan perceived enjoyment. Dibuktikan juga adanya pengaruh signifikan
dari two-way communication terhadap source trustworthiness.
Kata kunci: review helpfulness, purchase intention, produk kecantikan, TikTok, short video,
live streaming, PLS-SEM
|
|