ABSTRAK
Nama : Giffari Faqih Phrasya Hardani
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Game Edukasi Kompetitif untuk Pembelajaran
Pecahan Siswa Sekolah Dasar
Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom.
Math Anxiety adalah suatu rasa kegelisahan yang dirasakan seorang siswa terhadap pelajaran
matematika. Kecemasan tersebut muncul karena rasa kesulitan yang dialami siswa dalam
belajar matematika. Salah satu bagian dari pelajaran matematika yang sulit tersebut adalah
operasi bilangan pecahan, yang memiliki konsep-konsep yang sulit dipahami. Berangkat dari
isu tersebut, penelitian ini membahas pengembangan purwarupa game kompetitif yang
memfasilitasi pembelajaran kolaboratif mengenai pelajaran pecahan untuk siswa Sekolah
Dasar. Penelitian menggunakan metode User-Centered Design dalam perancangannya
dengan memperhatikan kebutuhan pengguna. Pendekatan penelitian menggunakan campuran
kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi pengaruh sistem yang dibuat terhadap capaian
belajar serta pengalaman belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttest untuk
mengukur capaian belajar dan kuesioner untuk mengukur pengalaman belajar. Berdasarkan
hasil evaluasi, purwarupa game tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap capaian
belajar siswa berdasarkan perbedaan posttest dengan pretest, yang disebabkan oleh
terbatasnya waktu interaksi antara siswa dengan purwarupa game yang dikembangakan. Di
sisi lain, purwarupa game yang dikembangkan berhasil memberi pengaruh positif terhadap
pengalaman belajar siswa dalam hal ketertarikan siswa, pengaruh secara emosi, dan rasa
keterlibatan secara kognitif dan perilaku. Penelitian ini mengusulkan perbaikan untuk
meningkatkan pengaruh positif dari game tersebut terhadap proses pembelajaran siswa.
Kata kunci:
Pembelajaran pecahan, siswa Sekolah Dasar, game edukasi, pembelajaran kolaboratif,
user-centered design.
|
|