ABSTRAK
Nama : Etya Resa Fatma
Zahrah Rahmani Putri
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Analisis Pengalaman Pengguna pada Layanan Video on Demand
Menggunakan Metode UX Curve dan User Experience
Questionnaire: Studi Kasus Netflix dan Disney+ Hotstar
Pembimbing : Dadan Hardianto S.Kom., M.Kom
Netflix dan Disney+ Hotstar merupakan layanan Video on Demand (VoD) yang paling
banyak digunakan di Indonesia. Kedua layanan tersebut menawarkan berbagai fitur
berbeda yang dapat menyebabkan terjadinya perbedaan pengalaman pengguna.
Pengalaman pengguna merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan
dari suatu layanan. Dengan ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
layanan VoD mana yang dapat memberikan pengalaman pengguna jangka panjang
terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode UX Curve sebagai
pendekatan kualitatif dan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai pendekatan
kuantitatif. Terdapat 45 responden berumur 17-51 tahun yang berpartisipasi dalam
penggambaran kurva UX Curve yang terdiri dari lima aspek, yaitu General UX,
Attractiveness, Easy of Use, Utility, dan Degree of Usage. Responden menggambarkan
perubahan pengalaman pengguna yang dirasakan dari awal hingga akhir penggunaan dan
melakukan pengisian kuesioner UEQ. Hasil penelitian menggunakan UX Curve
menunjukkan bahwa Netflix dan Disney+ Hotstar memiliki keunggulan dan kekurangan
masing-masing dari berbagai aspek sehingga tidak dapat ditentukan layanan VoD mana
yang dapat memberikan pengalaman pengguna terbaik. Namun dari hasil kuesioner
UEQ, didapati bahwa pengalaman pengguna yang diberikan Netflix cenderung lebih baik
dibandingkan dengan Disney+ Hotstar.
Kata Kunci: Pengalaman pengguna, Video on Demand, UX Curve, User Experience
Questionnaire, Netflix, Disney+ Hotsta
|
|