ABSTRAK

Nama : Luqman Iffan Windrawan Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Antarmuka Aplikasi Video Game Bergaya Pixel Art: Studi Kasus pada Game Shovel Knight dan Shovel Knight Dig Pembimbing : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. Perkembangan dan kepopuleran video game di dunia semakin meningkat setiap harinya. Meskipun tampilan 3D mengalami perkembangan dan peningkatan kepopuleran yang pesat, beberapa tampilan grafis yang lama dari video game seperti pixel art masih merasakan kesuksesan. Penelitian ini membahas kesesuaian video game bertampilan visual pixel art dari segi tampilan visual dan estetika dengan sifat dan prinsip game serta pixel art untuk mendapat wawasan dari kesuksesan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan instrumen VisAWI yang telah disesuaikan untuk dapat menganalisis estetika dari video game bervisual pixel art. Instrumen VisAWI terlebih dahulu diadaptasi dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia untuk menyesuaikan dengan target responden dan lingkungan penulisan penelitian. Adaptasi yang dilakukan berupa adaptasi lintas budaya. Penelitian ini menggunakan dua video game sebagai instrumen alat ukur, yaitu Shovel Knight dan Shovel Knight Dig. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS dengan mengelompokkan tiap butir VisAWI menurut nilai rata-rata yang dihasilkan dari kuesioner dan mencari keterhubungannya dengan sifat dan prinsip terkait pada penelitian ini. Hasil pengelompokan yang didapat kemudian diinterpretasikan untuk mendapatkan kesesuaian dengan sifat dan prinsip game serta pixel art serta menyusun rekomendasi. Rekomendasi tersebut berupa faktor apa saja yang perlu dipertahankan dan apa saja yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan video game bertampilan visual pixel art. Selain itu, hasil pada penelitian ini juga diharapkan dapat mendorong terciptanya penelitian lanjutan mengenai video game dan pixel art. Kata kunci: Video game, pixel art, VisAWI, antarmuka, tampilan visual, estetika