ABSTRAK

ABSTRAKSI Laporan ini bertujuan untuk melaporkan kinerja mahasiswa selama masa Kerja Praktik (KP) di perusahaan PT. Global Tiket Network (Tiket.com). Tiket.com adalah aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan pengguna. Selama periode KP, penulis mengambil peran sebagai Software Quality Assurance (SQA). Pada inti dari laporan ini, akan dibahas mengenai latar belakang pekerjaan yang dilakukan mahasiswa, deskripsi pekerjaan, metodologi dan teknologi, serta hasil pekerjaan selama periode KP berlangsung. Pada laporan, penulis juga melakukan analisis yang membahas realisasi pelaksanaan kerja praktik dan juga relevansi antara perkuliahan Fasilkom dengan kerja praktik. Diharapkan, melalui laporan ini, pembaca mendapatkan gambaran mengenai realitas internship pada Tiket.com. Sehingga dapat dijadikan acuan untuk melakukan hal yang sama di masa yang akan datang. Penulis memohon maaf apabila terdapat kesalahan pada penulisan maupun dalam konten yang dijabarkan pada laporan ini. Penulis juga sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Tiket.com selaku penyelia KP. Kata kunci: software quality assurance, software testing, qa engineer, functional testing, tiket.com