ABSTRAK ABSTRAK
Nama Mahasiswa : Aisyah Indonesia Mazaya Zayn dan Zalfa Luqyana Akifah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengembangan Desain Antarmuka Aplikasi Layanan Kesehatan
Klinik Satelit UI Makara dengan Pendekatan User-Centered
Design
Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng.
Reservasi online untuk layanan tertentu pada Klinik Satelit UI Makara (KS UI Makara)
dilakukan melalui beberapa platform yang berbeda. Per Februari 2023, reservasi online
konsultasi janji temu poli umum dan poli gigi dilakukan melalui aplikasi DoctorTool Mobile,
reservasi online konseling melalui situs konselingmakaraui.wixsite.com/seekhelp, dan
reservasi online lab melalui situs reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui. Saat ini, proses
reservasi untuk setiap layanan KS UI Makara masih belum tersentralisasi dalam suatu sistem
yang utuh. Tidak hanya untuk proses reservasi, sistem layanan kesehatan KS UI Makara juga
memiliki potensi untuk ditingkatkan guna mendukung kebutuhan masyarakat dalam hal
layanan kesehatan digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain
antarmuka aplikasi layanan kesehatan Klinik Satelit UI Makara dengan pendekatan
user-centered design . Dalam merancang solusi desain antarmuka, penulis mengikuti prinsip
Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai acuan. Berdasarkan hasil
survei dan wawancara, terdapat sebanyak 24 fitur yang berhasil diidentifikasi. Setelah
rancangan berhasil dibuat, tahap evaluasi desain dilaksanakan dengan menggunakan empat
instrumen, yaitu Usability Testing (UT), Single Ease Question (SEQ), wawancara
kontekstual, dan System Usability Scale (SUS). Hasil usability testing memberikan hasil di
atas rata-rata dan berada di kuartil teratas, yaitu sebesar 92%. Selanjutnya, nilai SEQ yang
diperoleh adalah 6,48 dari 7. Desain aplikasi MakaraHealth mendapatkan skor rata-rata SUS
sebesar 83,13 dan mendapatkan grade A. Hal ini menyimpulkan bahwa aspek usability dan
visibilitas desain dari aplikasi MakaraHealth tergolong sangat baik.
Kata Kunci:
E-health, desain antarmuka, user-centered design , reservasi online
|
|