ABSTRAK ABSTRAK
Online travel agent (OTA) merupakan gabungan antara marketplace dan agen travel
konvensional. Saat ini, OTA menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia jika ingin
bepergian karena transaksi pemesanan dapat dilakukan secara online sehingga
memberikan kemudahan kepada penggunanya. Pencetus berdirinya OTA di Indonesia
adalah aplikasi tiket.com, dengan layanan produk yang paling populer adalah fitur
pemesanan tiket pesawatnya. Meskipun fitur tersebut paling banyak digunakan oleh
pengguna aplikasi tiket.com, masih banyak ruang untuk perbaikan dan peningkatan.
Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian ini untuk memberikan evaluasi dan saran
desain alternatif fitur pemesanan tiket pesawat pada aplikasi tiket.com. Dalam
merancang desain alternatif, penelitian ini menggunakan pendekatan User-Centered
Design (UCD), Nielsen's Ten Usability, dan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules
of Interface Design. Lalu, untuk mengevaluasi hasil perancangan desain, tim penulis
menggunakan Usability Testing (UT), System Usability Scale (SUS), dan expert
reviews. Penelitian ini menghasilkan desain alternatif berbasis mobile dengan rata-rata
tingkat keberhasilan UT sebesar 89% dan dikategorikan B (excellent) dengan rata-rata
nilai SUS 82,25. Selain itu, dilakukan juga peninjauan desain alternatif dengan para ahli
bidang UI/UX. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, terdapat beberapa catatan yang telah
dievaluasi dan diperbaiki pada tahap iterasi desain.
Kata kunci: Online Travel Agent, tiket.com, User-Centered Design, Usability,
Antarmuka, Desain Interaksi
|
|