ABSTRAK

ABSTRAK Online travel agent (OTA) merupakan gabungan antara marketplace dan agen travel konvensional. Saat ini, OTA menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia jika ingin bepergian karena transaksi pemesanan dapat dilakukan secara online sehingga memberikan kemudahan kepada penggunanya. Pencetus berdirinya OTA di Indonesia adalah aplikasi tiket.com, dengan layanan produk yang paling populer adalah fitur pemesanan tiket pesawatnya. Meskipun fitur tersebut paling banyak digunakan oleh pengguna aplikasi tiket.com, masih banyak ruang untuk perbaikan dan peningkatan. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian ini untuk memberikan evaluasi dan saran desain alternatif fitur pemesanan tiket pesawat pada aplikasi tiket.com. Dalam merancang desain alternatif, penelitian ini menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD), Nielsen's Ten Usability, dan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Lalu, untuk mengevaluasi hasil perancangan desain, tim penulis menggunakan Usability Testing (UT), System Usability Scale (SUS), dan expert reviews. Penelitian ini menghasilkan desain alternatif berbasis mobile dengan rata-rata tingkat keberhasilan UT sebesar 89% dan dikategorikan B (excellent) dengan rata-rata nilai SUS 82,25. Selain itu, dilakukan juga peninjauan desain alternatif dengan para ahli bidang UI/UX. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, terdapat beberapa catatan yang telah dievaluasi dan diperbaiki pada tahap iterasi desain. Kata kunci: Online Travel Agent, tiket.com, User-Centered Design, Usability, Antarmuka, Desain Interaksi