ABSTRAK ABSTRAK
Nama : Mochammad Naufal Rizki, Rizky Musyaffa Fajari, Zulfan
Kasilas Dinca
Program Studi : Sitem Informasi & Ilmu Komputer
Judul : Perancangan Sistem Antarmuka Layanan untuk
Meningkatkan Pengalaman Penghuni Asrama Universitas
Indonesia
Pembimbing : Imairi Eitiveni, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Saat ini, Asrama Universitas Indonesia memiliki website yang menampilkan
informasi umum yang dibutuhkan mahasiswa. Namun website Asrama Universitas
Indonesia saat ini terbilang masih memiliki permasalahan dari informasi yang
disajikan dan tampilan antarmukanya. Di sisi lain, layanan Asrama yang seharusnya
dapat diakses melalui website untuk memudahkan penghuninya saat ini masih harus
dilakukan secara langsung ke Tata Usaha Asrama Universitas Indonesia. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada layanan dan website
Asrama Universitas Indonesia serta memberikan solusi berupa rancangan desain
antarmuka alternatif sehingga dapat meningkatkan usabilitas dan pengalaman
penggunanya. Solusi perancangan desain alternatif pada penelitian ini dilakukan
dengan metode User Centered Design dengan menerapkan prinsip-prinsip
Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Untuk mengidentifikasi
permasalahan yang dialami oleh pengguna, penulis melakukan wawancara,
menyebarkan kuesioner daring dan system usability scale kepada setiap segmen
pengguna layanan dan website Asrama Universitas Indonesia. Berdasarkan data
yang dikumpulkan tersebut didapat daftar permasalahan dan saran dari pengguna,
keluhan dan saran tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain
antarmuka alternatif website Asrama Universitas Indonesia dengan penambahan
fitur layanan di dalamnya. Setelah proses perancangan desain antarmuka alternatif
selesai, dilakukan evaluasi terhadap desain tersebut dengan menggunakan usability
testing dan system usability scale. Hasil evaluasi desain alternatif dengan
menggunakan usability testing mendapatkan hasil yang baik dengan rata-rata
success rate sebesar 95,97% dan skor yang didapat dari system usability scale yaitu
sebesar 88,86 yang mana merupakan hasil di atas rata-rata yang menunjukkan
bahwa desain antarmuka alternatif yang dirancang telah baik dari sisi usabilitas.
Dengan demikian, penerapan UCD dan Eight Golden Rules dalam perancangan
desain antarmuka serta perbaikan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan
pengguna dapat membantu dalam meningkatkan usabilitas dan pengalaman
penggunanya dalam menggunakan layanan di Asrama Universitas Indonesia.
Kata Kunci : Asrama Universitas Indonesia, User Centered Design, Desain
Antarmuka
|
|