EXECUTIVE SUMMARY
Topik
Strategi transformasi digital dalam menghadapi era new normal pada perusahaan Goodeva Latar belakang
Pada era new normal saat ini, secara khusus dalam menghadapi situasi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) setelah masuknya wabah pandemi covid-19 di Indonesia, perusahaan rintisan startup harus mampu beradaptasi untuk memanfaatkan momentum yang ada, dengan cara melakukan transformasi digital dalam menghadapi krisis yang terjadi. Dampak dari krisis tersebut menyebabkan ratio pencapaian target tahun 2020 atau setelah pandemi pada perusahaan tempat studi kasus tidak sesuai dengan yang diharapkan. Identifikasi Masalah
Rasio pencapaian target perusahaan pada tahun 2020 (Setelah Pandemi) kurang dari 50% dari target yang diharapkan Akar Masalah
Belum adanya strategi transformasi digital yang relevan untuk menghadapi new normal Tahapan Proses Analisis
Tahapan Proses dari penelitian untuk menghasilkan layanan konsultasi ini adalah dengan menggunakan analisis PESTEL, Porter five forces, SWOT, Benchmarking, BMC, dan analisis tren. Tahapan selanjutnya adalah dengan mendefinisikan strategi dengan menggunakan Digital Leadership framework dari Gupta yang terdiri 4 tahapan yaitu: (1) reimagine your business, (2) reevaluate your value chain (3) reconnect with your customer dan (4) rebuild your organization Hasil & Solusi
16 strategi transformasi digital yang sesuai dengan situasi new normal dan telah divalidasi oleh expert dari pihak eksternal. Rekomendasi
Perusahaan perlu memiliki strategi transformasi digital yang relevan untuk menghadapi new normal. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan 16 strategi transformasi digital yang dihasilkan dari penelitian yang telah dilakukan.
|