EXECUTIVE SUMMARY
Pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi perekonomian global. Berbagai
sektor mengalami kontraksi negatif pertumbuhan. Berbeda dengan sektor penyedia jasa
teknologi dibidang kecerdasan buatan yang mengalami peningkatan permintaan dan
menghasilkan kompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepuasan
pelanggannya. Termasuk Konvergen yang bergerak dalam pengembangan dan
peningkatan pengelolaan teknologi di bidang kecerdasan buatan. Laporan Customer
Journey menunjukkan perusahaan belum dapat mencapai target dalam pengelolaan
kepuasan pelanggan yang diukur menggunakan Net Promoter Score (NPS). Penelitian
ini melakukan evaluasi terhadap model bisnis aktual dan memberikan rekomendasi
perbaikan model bisnis perusahaan untuk seluruh elemen model bisnis melalui proses
wawancara kepada tiga narasumber. Evaluasi model bisnis dilakukan dengan
menggunakan business model canvas. Manfaat penelitian ini adalah dirumuskannya
rekomendasi perbaikan model bisnis berupa penambahan komponen pada elemen
customer segments, channels, customer relationships, value propositions, key activities,
cost structure, dan revenue stream guna mendukung peningkatan pada nilai NPS,
pendapatan perusahaan dan customer experience. Evaluasi model bisnis divalidasi oleh
tiga orang perwakilan perusahaan yang menjabat sebagai CEO, COO, dan Head of
Finance. Rekomendasi perbaikan model bisnis ini diharapkan dapat digunakan sebagai
referensi model bisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan,
mengurangi churn rate, dan meningkatkan customer experience yang dirasakan pelanggan.
|