ABSTRAK ABSTRAK
Nama : Fadhil Ilham Rahmadi, Fatih Ismail Alaydrus
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR ANTESEDEN DARI CONTINUANCE
INTENTION DAN SUBSCRIPTION INTENTION
PENGGUNA MUSIC STREAMING SERVICES: STUDI
TECHNOLOGY AFFORDANCE PADA APLIKASI SPOTIFY
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
2. Lintang Matahari Hasani, S.Kom., M.Kom.
Pesatnya perkembangan layanan streaming musik atau Music Streaming Services (MSS)
membentuk kenormalan baru dalam cara kita menikmati musik. Spotify telah memimpin
pangsa pasar MSS di dunia walau kompetisi semakin kuat dalam memenuhi kebutuhan
pengguna. Kebutuhan tersebut berkaitan erat dengan technology affordance atau apa yang
layanan dapat penuhi sesuai persepsi dan tujuan penggunanya. Dengan memahami aspek
technology affordance dari layanannya, Spotify dan penyedia MSS mampu menemukan solusi
untuk meningkatkan retensi penggunanya serta pendapatannya keseluruhan. Penelitian yang
dijalankan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor terkait technology affordance dari
layanan MSS serta pengaruhnya terhadap niat pengguna untuk tetap menggunakan dan
berlangganan layanan premium dari MSS, khususnya Spotify. Penelitian mengidentifikasi
technology affordance dari MSS melalui pendekatan grounded theory. Terdapat empat faktor
utama technology affordance dari MSS, yaitu exploration, listening control, playlisting, serta
social connectivity. Penelitian dilanjutkan dengan mengintegrasikan temuan tersebut dengan
expectation-confirmation model (ECM) dan melakukan analisis kuantitatif menggunakan PLSSEM pada 321 pengguna Spotify. Didapatkan bahwa subscription intention pengguna
dipengaruhi oleh continuance intention. Selanjutnya, continuance intention dipengaruhi oleh
perceived usefulness serta satisfaction dimana kedua hal tersebut dipengaruhi oleh
confirmation. Terakhir, perceived usefulness dipengaruhi oleh seluruh aspek technology
affordance dari MSS dimana dua faktor affordance dengan pengaruh terbesar yaitu exploration
affordance dan listening control affordance. Penelitian ini mampu dikembangkan lebih lanjut
dan mampu menjadi saran praktis bagi penyedia layanan MSS dalam mengembangkan layanan
yang berfokus pada pengguna.
Kata kunci: Music Streaming Services, Spotify, Technology Affordance, ExpectationConfirmation Model, Continuance Intention, Subscription Intention, Grounded Theory, PLS-SEM
|
|